Kegiatan Evaluasi Program KKNbD dengan Mengirimkan Video Penggunaan Aplikasi (Whatsapp, Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom, dan Google Drive)

Kegiatan KKNbD 2021 sudah memasuki minggu keempat. Sesuai dengan jadwal kegiatan KKNbD yang telah saya buat pada minggu keempat ini melakukan kegiatan pendampingan secara online serta melakukan evaluasi kepada masyarakat sasaran terkait penggunaan aplikasi yang sesuai dengan video tutorial yang telah diberikan. Pada hari Senin dan Selasa saya sudah melakukan pendampingan secara online kepada masyarakat sasaran. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini dilakukan secara bertahap yaitu pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat.

Pada hari Rabu, 28 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan adalah evaluasi terhadap penggunaan aplikasi whatsapp dan zoom meeting. Selanjutnya pada hari Kamis, 29 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan adalah evaluasi terhadap penggunaan aplikasi google meet dan google classroom. Sedangkan pada hari Jumat, 30 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan adalah evaluasi terhadap penggunaan aplikasi google drive. Tujuan kegiatan evaluasi ini adalah untuk melihat kemajuan yang didapatkan oleh masyarakat sasaran dan bisa melihat seberapa keberhasilan dari program yang dijalankan. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan cara masyarakat sasaran mengirimkan video pada saat menggunakan aplikasi tersebut. Kegiatan diawali dengan menyapa masyarakat sasaran dan menjelaskan sistem kegiatan evaluasi yang akan dilaksanakan. Sebelum mengirimkan video, masyarakat sasaran diminta untuk menerapkan aplikasi terlebih dahulu, kemudian divideokan. Setelah divideokan, lalu masyarakat sasaran langsung mengirimkan video tersebut ke whatsapp grup.

Link kegiatan evaluasi penggunaan aplikasi : https://drive.google.com/drive/folders/1-hm-o_jurePJTsW45FPVhNlKS7xp5YLm


Tentang Penulis