Kegiatan Minggu Kedua (Senin,17 Juli - Minggu,23 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Manikliyu

Hari/Tanggal               : Senin, 17 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Persiapan Program Pengukuran IMT

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan kegiatan bersih-bersih di posko dan persiapan pembelian dorprize dan diadakan diskusi bersama untuk persipan program kerja pengukuran IMT (Indeks Massa Tubuh) di SD N Manikliyu dan persiapan untuk pelatihan baris-berbaris untuk anak SD N Manikliyu.

 

Hari/Tanggal               : Selasa, 18 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Program Kerja Pengukuran IMT dan PBB

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan Pengukuran IMT (Indeks Massa Tubuh) dan PBB, yang mana anggota dibagi menjadi dua ada yang di Pengukuran IMT dan ada yang di PBB. Pengukuran IMT untuk kelas 1, 2, dan 3 dengan teknis pengukurannya dengan mendata identitas, berat badan, dan tinggi badan dengan rumus berat badan (kg)/tinggi badan (m) x tinggi badan (m) dan pengukurannya dari kelas 1 terlebih dahulu sampai kelas 3, kelas yang belum diukur diberikan game di kelas masing-masing untuk menunggu pengukuran IMT. Pengukuran IMT ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dari anak. PBB dilakukan oleh kelas 4, 5, dan 6 diberikan senam untuk pemanasan terlebih dahulu baru diberikan pelatihan baris-berbaris dengan materi gerak dasar PPB.

 

Hari/Tanggal               : Rabu, 19 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Day OFF (Cuti Bersama Tahun Baru Hijriyah)

Penjelasan Kegiatan   : -

 

Hari/Tanggal               : Kamis, 20 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Lansia

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan Kegiatan bersih-bersih terlebih dahulu untuk persiapan Posyandu Lansia, dan membantu pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar pinggang, serta dilakukan senam Lansia, Senam lansia yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan tidur. Diakhir kegiatan sebelum pulang dibagikan susu. Susu adalah salah satu minuman yang menjadi sumber terbesar dari kalsium dan vitamin D sehingga mencegah osteoporosis, risiko mengalami osteoporosis akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia. Selain kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan otot pada orang tua, susu juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk jantung. Nutrisi yang satu ini memiliki peranan penting dalam menjaga tekanan darah pada lansia agar tetap normal.

 

Hari/Tanggal               : Jumat, 21 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pembersihan di sekitaran jalan Banjar Manikliyu, Pemasangan Plang dan Bendera

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan kegiatan pembersihan di sekitaran jalan banjar Manikliyu sampai perbatasan antara Desa Manikliyu dengan Desa Lambean dan pemasangan bendera merah putih disepanjang jalan untuk mempringati hari 17 Agustus. Selanjutnya diskusi Persiapan PBB dan Program Kerja Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.

 

Hari/Tanggal               : Sabtu, 22 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Gladi bersih Persiapan Kegiatan Program Kerja Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber

Penjelasan Kegiatan   : Pagi Memberikan Pelatihan baris-berbaris kepada siswa/siswi kelas 3,4,5, dan 6 SD N Manikliyu dengan memberikan Latihan dasar PBB. Sore melakukan bersih-bersih di balai desa Manikliyu, gladi bersih untuk memantapkan kesiapan sie acara dan dilakukan diskusi untuk menanyakan kesipan setiap sie meneganai kegiatan Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.

 

Hari/Tanggal               : Minggu, 23 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Program Kerja Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber

Penjelasan Kegiatan   : Pagi melakukan Presensi, briefing ke anggota KKN-T Desa Manikliyu untuk gambaran acara Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, dilanjutkan mempersiapkan proyektor dan tempat duduk untuk masyarakat dan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup. Acara dimulai dengan pembukaan pembacaan doa, sambutan Koordinator KKN-T dan Kepala Desa Manikliyu. Pemberian materi Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber oleh Bapak I Wayan Ariana, SP dan I Wayan Sutrika dari Dinas Lingkungan Hidup Bangli, di sela-sela pemberian materi diberikan pertanyaan dari pemateri dan akan diberikan 10 kartu BPJS Ketenagakerjaan dari Dinas Lingkungan Hidup. Selanjutnya dilanjutkan ke sesi diskusi yang dipimpin langsuing oleh moderator. Acara terakhir yaitu pemberian doorprize bagi masyarakat yang bisa menjawab pertannyaan dari moderator dan foto Bersama.

Tentang Penulis
Komang Ricky Wira Adinata