Kegiatan Minggu Ketiga (Senin,24 Juli - Minggu,30 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Manikliyu


Hari/Tanggal               : Senin, 24 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Rabies di SD N Manikliyu

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan persiapan pemasangan proyektor untuk menampilkan materi Presentasi yang sudah disiapkan, sambal menunggu kesiapan sie perlengkapan adik-adik kelas 4 diberikan game dan memperkenalkan diri terlbih dahulu untuk saling mengenal dari Mahasiswa maupun adik-adik kelas 4 SD N Manikliyu. Diberikan materi mengenai Pencegahan dan Penanganan Rabies untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan penanganan dini sebagai upaya pencegahan rabies.

 

Hari/Tanggal               : Selasa, 25 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Program Kerja Demontrasi Pembuatan Wine dan Selai Jeruk

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan Persiapan bahan jeruk untuk pembuatan selai dan wine di posko. Persiapan meja dan kursi di kantor kepala desa Manikliyu. Kegiatan ini diawali dengan demonstrasi pembuatan wine terlebih dahulu dengan pemberian materi oleh Mahasiswa KKN-T dan dilanjutkan cara pembuatan wine dengan masyarakat Desa Manikliyu. Acara kedua dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan selai yang diawali dengan pemberian materi mengenai bahan, alat, dan cara pembuatan secara teori dan diberikan cara pembuatan selai kepada masyarakat. Acara terakhir pencobaan hasil selai dan foto Bersama.

 

Hari/Tanggal               : Rabu, 26 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Program Kerja Edukasi Pencegahan dan Penanganan Rabies di SMP Negeri 5 Kintemani.

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan persiapan PPT oleh Mahasiswa Pemateri. Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Mahasiswa KKN-T Desa Manikliyu dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan pemberian pertannyaan kepada siswa/siswi kelas 7 SMP Negeri Kintamani, serta pemberian game supaya meningkatkan rasa kebersamaan antara Mahasiswa KKN-T dengan SMP 5 Negeri Kintamani. Acara terakhir pemeberian doorprize kepada adik-adik yang bisa menjawab dan pemenang game, serta pemberian Piagam kepada Kepala Sekolah SMP 5 Negeri Kintamani.

 

Hari/Tanggal               : Kamis, 27 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Kegiatan HPP untuk Menentukan Harga Jual Produk Wine dan selai dari Jeruk

Penjelasan Kegiatan   : Dalam kegiatan pelatihan HPP untuk menentukan harga jual produk wine dan selai kepada masyarakat tani, hal pertama yang dilakukan yakni panitia memberikan lembar pengisian pretest terkait HPP kepada masyarakat tani, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait HPP produk wine dan selai. Setelah pemaparan materi, masyarakat dilatih untuk memperhitungkan berbagai biaya-biaya dari produk wine dan selai guna untuk menentukan HPP dalam harga jual produk wine dan selai melalui microsoft excel yang telah disediakan. Lalu setelah selesai dilakukan pelatihan, panitia memberikan lembar posttest terkait HPP dalam menentukan harga jual produk. Selanjutnya, setelah pelatihan HPP selesai, dilanjut dengan Strategi Pemasaran untuk produk wine dan selai, dengan memaparkan materi mengenai bauran pemasaran (4P), Strategi STP, dan juga 5 Pilar Bisnis Digital, yang akan membantu bagaimana cara memasarkan produk wine dan selai tersebut dengan memanfaatkan digital marketing.

 

Hari/Tanggal               : Jumat, 28 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Rabies Kepada Masyarakat

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan kegiatan persiapan dan briefing ke anggota KKN-T mengenai gambaran umum tugas setiap sie dan lainnya. Pemberian materi oleh Mahasiswa KKN-T Desa Manikliyu, edukasi kepada masyarakat mengenai rabies adalah untuk memberikan pengetahuan agar masyarakat mengetahui cara penanggulan dan pencegahan rabies. Selesai pemberian materi dilakukan sesi diskusi untuk mengetahui pemahaman materi yang diberikan oleh Mahasiswa KKN-T yang dipimpin langsung oleh moderator dan acara terakhir foto bersama, serta bersih-bersih di areal balai desa Manikliyu.

 

Hari/Tanggal               : Sabtu, 29 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Bersih-bersih Posko dan Diskusi Pelaksanaan Kegiatan gotong royong dan senam bersama

Penjelasan Kegiatan   : Pagi melakukan kegiatan bersih-bersih posko dan melakukan diskusi dan persiapan kegiatan gotong royong dan senam bersama.

 

Hari/Tanggal               : Minggu, 30 Juli 2023

Judul Kegiatan            : Senam Bersama dan Kegiatan Gotong Royong di Desa Manikliyu

Penjelasan Kegiatan   : Melakukan kegiatan senam bersma Undiksha dengan UNDIKNAS di balai desa untuk pemanasan sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih di Desa manikliyu. Kegiatan bersih-bersih dilakukan oleh STT Manik Pertiwi, UNDIKSHA, dan UNDIKNAS yang mana pembagian tempat bersih-bersih dibagi langsung oleh Kepala Dusun Manikliyu. Di areal pura dibersihkan oleh STT Manik Pertiwi dan Mahasiswa UNDIKSHA dan areal jalan Desa Manikliyu dibersihkan oleh UNDIKNAS dengan didampingi oleh Kepala Dusun langsung.

 

 


Tentang Penulis
Komang Ricky Wira Adinata