Melakukan Evaluasi dan Menutup Kegiatan KMbD

    Kegiatan KMbD yang berlangsung selama 5 minggu, terhitung sejak tanggal 6 Juli – 5 Agustus 2020 berjalan dengan lancar. Penulis sempat mengalami kendala saat pelaksanaan KMbD. Yaitu, masyarakat yang tidak bisa online secara bersamaan, sehingga menyebabkan beberapa dari mereka menjawab pesan sangat lama dan membutuhkan waktu yang lama untuk diskusi. Solusi yang didapatkan oleh penulis adalah mengajak masyarakat sasaran untuk bersama-sama mendiskusikan waktu untuk melaksanakan kegiatan agar semua sama-sama mempunyai waktu luang dan untuk seterusnya, penulis tidak menemukan masalah yang signifikan.

    Pada hari Senin, tanggal 3 Agustus 2020, penulis melakukan agenda terakhir dalam kegiatan KMbD Undiksha 2020 yaitu melaksanakan evaluasi sebelum sepenuhnya menutup kegiatan KMbD. Evaluasi dilakukan dengan memberi post-test melalui Google Form. Jenis tes yang digunakan yaitu tes objektif. Soal pada post-test ini berjumlah 15 soal, dimana semua pertanyaan yang ditanya adalah seputar materi yang sudah dibahas pada kegiatan ini, yaitu Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense. Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui penguasaan masyarakat sasaran dalam materi ini dan memastikan masyarakat sasaran mengerti dan memahami materi yang diberikan secara keseluruhan.

Hasil yang didapatkan adalah, adanya peningkatan dari tes sebelumnya. Hasil yang diperoleh bila dijabarkan adalah sebagai berikut:

Masyarakat sasaran A (Salah = 0, Betul = 15)

Masyarakat sasaran B (Salah = 1, Betul = 14)

Masyarakat sasaran C (Salah = 1, Betul = 14)

Masyarakat sasaran D (Salah = 1, Betul = 14)

Masyarakat sasaran E (Salah = 0, Betul = 15)

Masyarakat sasaran F (Salah = 2, Betul = 13)

    Setelah itu, penulis melakukan evaluasi kegiatan secara keseluruhan dan meminta kesan pesan dari masyarakat sasaran mengenai seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan. Kebanyakan masyarakat sasaran mengatakan bahwa mereka sangat menikmati kegiatan ini, mereka mendapatkan banyak ilmu baru, dan mereka senang dapat membagikan ilmu yang sudah mereka dapatkan kepada teman sekelas mereka. Akhir kegiatan, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat sasaran karena sudah bersedia menjadi masyarakat sasaran dan membantu pelaksanaan program kerja yang disusun oleh penulis yang berakir dengan lancar.

Berikut adalah link form evaluasi:

Link Post-test

Link Evaluasi Kegiatan



Tentang Penulis
I Gusti Ayu Santhi Dharmapatni