Memberikan Edukasi Berupa Video Tutorial Kepada Masyarakat Sasaran Tentang Cara Membuat Jamu Kunyit Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Melalui WhatsApp Grup Masyarakat Sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.

RABU, 29 JULI 2020 

Pada minggu keempat, kegiatan yang saya lakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran berupa video tutorial terkait dengan langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan dalam pelatihan pengolahan jamu kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh. Edukasi berupa video tutorial tersebut disampaikan melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah informasi, pengetahuan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran dalam meningkatkan imunitas tubuh upaya pencegahan covid-19 dengan cara mengkonsumsi jamu kunyit. Jamu kunyit dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh, karena mengandung senyawa metabolit bahan alam berupa kurkumin yang dilaporkan memiliki potensi terateupik yang beragam seperti antibiotik, antiviral, antioksida, anti kanker dan untuk penanganan penyakit Alzheimer. 

Dengan adanya edukasi berupa video tutorial tentang cara membuat jamu kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh, diharapkan mampu membantu masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana dalam menyikapi persoalan yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan mereka tentang cara meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi covid-19 sekarang ini. Dalam memberikan edukasi, ada pun empat tahapan yang saya lakukan.

  • Tahap yang pertama adalah mengonfirmasi dan memastikan masyarakat sasaran, bahwa apakah meraka sedang dalam jaringan/online atau tidak.
  • Tahap yang kedua, yaitu mengirim atau membagikan materi edukasi berupa video tutorial melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.
  • Kemudian tahap yang ketiga, meminta masyarakat sasaran untuk menonton dan menyimak video tutorial yang telah dikirim.
  • Selanjutnya tahap yang terakhir, yaitu tahap keempat yang saya lakukan adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti dan dipahami terkait dengan langkah-langkah cara membuat jamu kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Edukasi berupa video tutorial yang saya lakukan, telah berlangsung pada tanggal 29 Juli 2020 pukul 09.15- WITA-11.00 WITA. Pada saat kegiatan berlangsung, terlihat bahwa respon dan antusias masyarakat cukup baik dalam menerima edukasi yang diberikan. Masyarakat sasaran juga merasa sangat puas dengan edukasi berupa video tutorial yang telah saya berikan. 

Materi edukasi berupa video tutorial terkait dengan cara atau pun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembuatan jamu kunyit, dapat dilihat pada link berikut:

https://youtu.be/LIX1u64LKq8