Menciptakan Sebuah Lagu Pembelajaran sebagai Tugas Akhir Program KKNbD di Desa Gerokgak


      Program KKNbD yang bertempat di desa Gerokgak telah berjalan selama 5 Minggu. Berbagai kegiatan telah dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Masyarakat sasaran telah mengikuti kegiatan dengan baik dan maksimal. Tentu selama program ini berjalan banyak kendala-kendala yang di hadapi. Namun tidak menyulutkan semangat penulis beserta masyarakat sasaran dalam mengikuti kegiatan KKNbD Undiksha 2021.

    Untuk menilai sejauh mana kemampuan masyarakat sasaran dalam menguasai bahasa Inggris, diberikan sebuah tugas akhir. Tugas akhiri ini berupa menciptakan sebuah lagu pembelajaran secara berkelompok sesuai dengan musik yang telah diberikan sebelumnya. Kemudian masyarakat sasaran menyanyikannya dan mengemas dalam bentuk video. Dalam tugas akhir ini terlihat bagaimana kemampuan masyarakat sasaran yang telah berhasil membuat sebuah lagu pembelajaran dan dengan percaya diri mempresentasikan hasil karya mereka melalui sebuah video. Ini juga menjadi salah satu kenang-kenangan yang akan dapat mereka tonton, perdengarkan sewaktu-waktu sebagai kegiatan KKNbD yang pernah mereka ikuti. Kemampuan masyarakat sasaran dalam menciptakan lagu sungguh luar biasa. Mereka mampu membuat lirik dalam bahasa inggris yang sangat bermakna dan dapat membantu siapapun yang mendengarnya dalam mengingat kosa kata bahasa Inggris.

    Harapannya, semoga dengan hal ini masyarakat sasaran menjadi lebih bersemangat dalam belajar terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19. Banyak cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar. yang terpenting adalah adanya keinginan dalam diri untuk menggali hal-hal yang menurut kita mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam belajar. Melalui lagu, masyarakat dapat mengekspresikan pengalaman, materi pembelajaran, dan lain sebagainya dengan indah.



Tentang Penulis