Mengadakan Evaluasi Program KKNbD yang Sudah Dijalankan Kepada Masyarakat Sasaran Melalui Kuesioner Online Google Form

    Pada minggu terakhir pelaksanaan KKNbD 2021 di desa Tegal Kertha, penulis melaksanakan kegiatan evaluasi kepada masyarakat sasaran dengan menggunakan google form yang berisi beberapa pertanyaan terkait dengan pelatihan aplikasi mentimeter yang sudah dilaksanakan pada kegiatan KKNbD 2021.  Selain itu, pada link google form ini juga terdapat tempat untuk masyarakat sasaran dapat membagikan link presentasi dalam aplikasi mentimeter yang sudah dibuat pada kegiatan pelatihan minggu lalu. Pada hari senin tanggal 26 Juli 2021, pukul 13.00, penulis mengirimkan sebuah link untuk mengisi kuesioner online atau menggunakan google form sebagai evaluasi kepada masyarakat sasaran terhadap pelatihan penggunaan aplikasi mentimeter melalui grup whatsapp. Berikut ini merupakan link google form yang diberikan kepada masyarakat sasaran dalam kegiatan evaluasi program KKNbD 2021 https://forms.gle/5LFYmCCP3ms1npSJ6 

    Tujuan dari kegiatan evaluasi ini agar penulis dapat mengetahui bagaimana pandangan masyarakat sasaran terhadap aplikasi mentimeter dan mengetahui bahwa masyarakat sudah dapat membuat presentasi yang simpel dengan menggunakan aplikasi mentimeter. Sesudah penulis mengirimkan link google form ke grup whatsapp, seluruh masyarakat sasaran merespon dengan baik serta memberikan bukti berupa screenshot sesudah mengisi google form yang diberikan oleh penulis. Tanggapan yang diberikan oleh masyarakat sasaran dalam kuesioner online ini berupa respon positif atas program pelatihan penggunaan aplikasi mentimeter yang telah dilaksanakan. Kelima masyarakat sasaran berpendapat setuju bahwa materi yang diberikan oleh penulis pada program ini telah dapat membantu dalam berlatih menggunakan aplikasi mentimeter dan tidak memiliki kendala dalam berlatih menggunakan aplikasi mentimeter. Selain itu, seluruh masyarakat sasaran juga berpendapat bahwa mereka tertarik untuk menggunakan aplikasi mentimeter dalam kelas daring. Berikut ini merupakan alasan yang diberikan oleh masyarakat sasaran yang tertarik untuk menggunakan aplikasi mentimeter: karena aplikasi mentimeter mudah digunakan dan bisa langsung memberikan penilaian awal, mudah dimengerti, bisa jadi menjadi inovasi baru pembuatan bahan ajar selain classroom dan google form dan tampilannya yang menarik. Berdasarkan pendapat dan tanggapan yang diberikan oleh seluruh masyarakat sasaran, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam program KKNbD 2021 ini dapat dipahami dengan baik, bermanfaat dan membantu masyarakat sasaran dalam menggunakan aplikasi mentimeter sebagai alternatif media belajar online yang dapat digunakan pada kelas daring selama pandemi COVID-19.  

    Pada akhir kegiatan, penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat sasaran yang sudah mengikuti kegiatan KKNbD ini selama satu bulan, serta mengucapkan salam penutup sebagai akhir dari pelaksanaan program pelatihan aplikasi mentimeter dalam KKNbD 2021 di desa Tegal Kertha. 



Tentang Penulis
Ida Ayu Desintha Purnama Ramadina