Mengevaluasi Program Kegiatan KKNbD terkait Pemberian Layanan Konseling dan Games Untuk Melatih Konsentrasi Otak
- Oleh Desi Ika Riyanti Sihaloho
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 212, Kelompok, Kelompok
Pada kegiatan KKNbD ini saya memberikan layanan konseling untuk siswa yang mengalami tingkat konsentrasi yang rendah saat pembelajaran. Metode Pendekatan Rational Emotive Behavioral saya terapkan dilayanan ini dengan tujuan memberikan pemikiran yang rasional kepada siswa. Dalam layanan tersebut saya tidak hanya berfokus kepada pendekatan rational emotive behavioral saja tetapi untuk melatih konsentrasi belajar siswa juga diperlukan maka dari itu saya memberikan games untuk melatih tingkat konsentrasi otak siswa. Tujuan dari pemberian games tersebut tidak hanya melatih konsentrasi otak siswa tetapi melihat seberapa besar tingkat konsentrasi siswa setelah diberikan pendekatan Rasional Emotif Behaviral.
Saya mengevaluasi dengan melihat score dari games yang sudah saya kirimkan lewat grup whatsapp, saya mengevaluasi siswa setelah sudah menyelesaikan games dengan beberapa level yang saya berikan pada tanggal 22 Juli 2021 Jam 09.00-11.30 . Dari hasil layanan konseling yang saya berikan dengan metode pendekatan Rasional Emotive Behavioral, siswa sangat berantusias. Ketika saya memberikan games mereka sangat semangat untuk mencoba games tersebut. Dari hasil score yang saya evaluasi terkait games level mudah semua memiliki score diatas rata rata, kemudian pada games level sedang terdapat 1 siswa yang memiliki score dibawah rata rata hanya dapat menjawab 2, Setelah itu pada games level sulit terdapat 3 siswa yang medapatkan score dibawah rata-rata. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 siswa yang sudah memiliki tingkat konsentrasi yang baik dari games yang diberikan dengan beberapa level mudah sampai sulit dan 3 siswa yang masih dibawah rata-rata. Dan pada tanggal 26 Juli saya menghubungi ketiga siswa tersebut dan dari hasil wawancara yang saya lakukan , mereka tidak memperhatikan petunjuk dari games sehingga mereka kurang mengerti untuk memainkannya. Kemudian saya menjelaskan petunjuk dari games tersebut dan memerintah siswa untuk mengulang kembali games tersebut dan hasilnya kedua siswa tersebut mendapatkan score diatas rata rata.