Mengirimkan Link Kuisioner Evaluasi Akhir dan Pengisian Kuisioner Oleh Masyarakat Sasaran

Pada Senin, 26 Juli 2021 kemarin, telah dilaksanakannya program kerja KKNbD yang dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp di Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali. Ini merupakan kegiatan terakhir dalam pelaksanaan KKNbD, adapun kegiatan yang dilakukan yaitu mengirimkan link kuisioner evaluasi akhir dan pengisian kuisioner evaluasi oleh masyarakat sasaran. Tujuan kuisioner evaluasi akhir ini diberikan kepada masyarakat sasaran untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami oleh masyarakat sasaran, kekurangan dan kelebihan dari program kerja yang sudah dijalankan, seberapa mudah mereka mengakses materi selama pelaksanaan KKNbD, dan sebagai tempat untuk mengirimkan screenshot akun bisnis yang sudah dibuat oleh masyarakat sasaran.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan KKNbD dengan tema yang diambil adalah Penangulangan Dampak Sosial dan Ekonomi Akibat Covid-19 ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat sebelumnya. Partisipasi dari masyarakat sasaran sangat antusias terhadap pelaksanaan program kerja dari awal kegiatan KKNbD sampai berakhirnya kegiatan program kerja ini. Kelebihan dari program ini adalah masyarakat sasaran dapat lebih mengetahui serta menambah inovasi pemikiran mereka mengenai bisnis online serta peluang bisnis di masa pandemi Covid-19, mengetahui cara pemasaran produk atau barang yang akan dijual melalui media sosial atau aplikasi lainnya, sehingga masyarakat sasaran dapat belajar membuat bisnis onlinenya sendiri untuk menghasilkan uang tambahan di masa pandemi seperti sekarang. Dari hal tersebut sudah terbukti bahwa masyarakat sasaran sudah bisa membuat bisnis onlinenya sendiri dengan ide bisnis yang mereka pilih. Dan juga materi yang diberikan selama KKNbD pun sangat dipahami oleh masyarakat sasaran karena disertakan vidio penjelasannya langusng yang mengakibatkan materi yang di sampaikan dapat di pahami dengan cepat.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa program kerja yang telah dibuat juga memiliki kekurangan seperti tidak dapat terjun kelapangan langsung untuk melakukan pelatihan bersama masyarakat sasaran karena aturan dari pemerintah yang dilarang berkumpul untuk melakukan kegiatan. Oleh karena itu, pelaksanaan program kerja pelatihan bisnis online kepada masyarakat sasaran ini hanya dilakukan secara daring dengan menggunakan media Grup WhatsApp. Selain itu, terdapat kendala yang dialami oleh masyarakat sasaran yaitu sedikit sulit dalam mengakses materi yang diberikan karena terkendala sinyal di lokasi masyarakat sasaran tersebut. Walaupun terdapat kendala dan kekurangan, tetapi pelaksanaan program kerja pelatihan bisnis online ini dapat berjalan dengan baik sampai dengan berakhirnya pelaksanaan program kerja ini. Kesan masyarakat sasaran dalam mengikuti pelaksanaan KKNbD ini mereka mengatakan sangat senang dapat mengikuti KKNbD ini dan sangat bermanfaat bagi mereka. 

Adapun link kuisioner evaluasi akhir yaitu : https://forms.gle/nXWfSeHUKMs4dASY8 

Tentang Penulis