Meningkatkan Motivasi Belajar Masyarakat Sasaran melalui Pemberian Reward dalam Bentuk Stiker

    Melaksanakan kegiatan KKNbD di masa pandemi tidak terlepas dari berbagai macam kendala yang dihadapi, baik dari segi teknis maupun partisipan, terlebih lagi bahwa masyarakat sasarannya adalah siswa-siswi yang berada pada tingkat SD dan SMP. Beberapa Kendala yang dihadapi selama kegiatan ini berlangsung, diantaranya: terbatasnya kuota yang dimiliki masyarakat sasaran dan terbatasnya media belajar (yang dalam hal ini adalah smartphone) yang dimiliki siswa. Hal ini menyebabkan turunnya motivasi masyarakat sasaran dalam mengikuti kegiatan.

    Dalam situasi seperti ini, perlu adanya pembentukan strategi baru untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi. anak-anak yang sedang berada di tingkat SD-SMP perlu diberikan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dengan hal ini siswa akan merasa lebih bersemangat dan antusiasmenya akan meningkat untuk mengikuti pembelajaran. Memberikan sebuah hadiah semacam penghargaan sederhana (reward) sangat perlu dilakukan sehingga perjuangan siswa dalam belajar akan merasa dihargai dan bermakna. Pemberian reward juga mampu mendorong kemauan siswa dalam belajar, meningkatkan sikap kompetitif siswa, serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, salah satu hal yang dilakukan untuk mengatasi kendala ini adalah memberikan reward berupa stiker keberhasilan untuk masyarakat sasaran di setiap akhir kegiatan. Bagi siswa yang dapat berpartisipasi aktif di setiap kegiatan, misalnya rajin dalam merespon atau berinteraksi di WA group, menjawab setiap pertanyaan dengan benar, berani memberikan pendapat, berhak mendapatkan stiker ini. 

    Akhirnya, dengan memberikan reward berupa stiker di setiap akhir kegiatan membuat siswa lebih bersemangat dan berantusias dalam mengikuti kegiatan KKNbD. Partisipasi mereka dalam belajar lebih meningkat dari pada sebelumnya. Setiap siswa berlomba-lomba untuk mendapatkan reward paling banyak. Hal ini cukup efektif di gunakan untuk mendorong semangat siswa dalam belajar.


Tentang Penulis