Meningkatkan Visibilitas Produk Lokal dengan Digital Marketing: Sokasi Bangli
- Oleh Ni Wayan Putri Satya Uttami
- Wednesday 21/08/2024
- SULAHAN, SUSUT, Kabupaten Bangli
Di era digital seperti sekarang, bahkan kerajinan tradisional bisa berkembang pesat dengan strategi pemasaran online yang tepat. Penerapan Digital Marketing untuk produk sokasi yang dijalankan oleh mahasiswa KKN Undiksha membuktikan betapa berpengaruhnya kehadiran produk di jejaring sosial. Dengan memanfaatkan kombinasi antara website, toko Shopee, serta konten menarik di Instagram dan TikTok, kami berhasil meningkatkan visibilitas brand.
Website dan Shopee
Langkah pertama dalam kampanye ini adalah membuat landing page khusus untuk sokasi. Website intankebenbangli.com dirancang untuk menjadi pusat informasi tentang produk, mulai dari foto produk, FAQ, dan link menuju Shopee serta WhatsApp. Selain itu, kami juga membuka toko di Shopee https://shopee.co.id/intankebenbangli beserta foto produk, deskripsi yang lengkap, dan navigasi yang mudah. Kedua platform ini memberikan tampilan digital yang menjual membuatnya lebih mudah diakses oleh audiens yang lebih luas. Hasilnya, dalam sebulan, kami melihat peningkatan kunjungan ke website dan penjualan, dengan pesanan datang dari daerah di luar pasar lokal.
Instagram dan TikTok: Followers Baru dan Engagement Meningkat
Media sosial memainkan peran besar dalam menghubungkan kami dengan target audiens. Dengan memposting konten visual yang menarik di Instagram https://www.instagram.com/intankebenbangli/ dan di TikTok https://www.tiktok.com/@intankebenaslibangli, kami berhasil membangkitkan minat dan antusiasme terhadap sokasi. Konten yang kami buat menonjol untuk menangkap keindahan produk sokasi. Strategi ini membuahkan hasil, di mana akun Instagram kami mendapatkan beberapa pengikut baru, sementara TikTok mampu mencapai ratusan views. Kenaikan jumlah pengikut ini langsung berdampak pada peningkatan pesanan dan semakin dikenalnya brand ini.
Pertumbuhan dan Harapan ke Depan
Berkat pendekatan digital marketing yang terintegrasi ini, sokasi tidak hanya mengalami peningkatan jumlah pengikut di media sosial tetapi juga peningkatan signifikan dalam penjualan. Kombinasi antara website, Shopee, dan konten media sosial telah membawa produk lokal ini ke level visibilitas dan jangkauan pasar yang baru. Harapan kami KKN Undiksha untuk Desa Sulahan kedepannya bisa terus menyempurnakan strategi ini. Masih ada potensi besar untuk pertumbuhan dan kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang.