Pelaksanaan Bimbingan Belajar Materi 3 Melalui Aplikasi Zoom
- Oleh I Gusti Agung Mutia Adinda Ardhiaswari
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 216, Kelompok, Kelompok
Jumat,
16 Juli 2021, agenda saya yaitu mengirimkan materi pembelajaran ketiga melalui
grup Whatsapp. Materi yang saya kirim yaitu mengenai perubahan wujud benda.
Sebelum mengirimkan materi pembelajaran tersebut, saya beserta masyarakat
sasaran mendiskusikan beberapa hal terkait materi pembelajaran pecahan.
Terdapat beberapa masyarakat sasaran yang mengalami kendala dalam pengerjaan
soal. Diskusi terjadi dengan selang waktu 2 jam. Masyarakat cukup aktif
bertanya. Sayapun berusaha membantu dengan cara mengirimkan foto dan juga voice
note berupa penjelasan terkait kendala yang dialami masyarakat sasaran. Ini lah
yang saya harapkan dari program yang saya jalankan yaitu mengembalikan semangat
mereka dalam belajar dan menambah pengetahuan mereka terkait materi yang mereka
belum mengerti. Dalam diskusi tersebut saya juga mengirimkan mereka video-video
pembelajaran yang dapat mereka tonton agar menambah pengetahuan mereka.
Kegiatan
selanjutnya Sabtu, 17 Juli 2021 seperti biasa saya mengadakan bimbingan belajar
melalui zoom yang membahas materi perubahan wujud benda. Bimbingan belajar ini
berlangsung selama kurang lebih satu jam. Karena sebelumnya saya sudah
mengirimkan materi perubahan wujud benda pada masyarakat sasaran makadari itu
ketika mengadakan zoom powerpoint yang saya buat hanya memuat pertanyaan. Hal
tersebut bertujuan agar dapat merangsang masyarakat sasaran untuk dapat
berpikir dan aktif dalam pembelajaran daring ini. Dari beberapa pertanyaan yang
ada masyarakat sasaran mampu menjawab semua pertanyaan yang ada walaupun masih
ada yang kurang tepat. Selain itu saya juga mengajukan beberapa pertanyaan
seperti menyebutkan contoh peristiwa mencair, menjelaskan perbedaan dari
beberapa perubahan wujud benda. Saya juga memberikan kesempatan bagi masyarakat
sasaran untuk bertanya dan menanggapi terkait dengan materi yang disampaikan.
Dengan kegiatan tersebut akan menciptakan interaksi antara mahasiswa,
masyarakat sasaran, dan juga materi pembelajaran yang disajikan.