Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbd) dengan Program Kegiatan Literasi dengan Memanfaatkan Aplikasi Buku Dongeng, Senam Zumba Secara Daring, Bimbingan Bersama Dosen, dan Mengirimkan Link Evaluasi

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) dengan judul projek "Upaya Peningkatan Kebugaran dan Literasi di Masa Pandemi Covid-19 dengan Memanfaatkan Media Sosial". Program kegiatan yang dilaksanakan kali ini yaitu literasi di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan aplikasi buku dongeng anak bergambar dan aplikasi buku dongeng riri story books, kegiatan senam zumba sederhana yang dilaksanakan secara daring melalui Google Zoom, bimbingan secara daring bersama dosen melalui Google Meet, dan mengirimkan link kuesioner yang berkaitan dengan evaluasi kegiatan KKNbD yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari Senin, 26 Juli 2021 sampai dengan Jumat, 30 Juli 2021 dengan rincian waktu sebagai berikut:

  1. Senin, 26 Juli 2021 dilaksanakan penerapan dan pengamatan program literasi bersama masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group, dengan hasil pengamatan dimana 2 keluarga telah melaksanakan program literasi antara lain: a. Keluarga Ibu Agung mendampingi anak-anaknya membaca aplikasi buku dongeng dengan judul Semut dan Belalang, beliau juga mengajak anaknya untuk menulis pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut pada buku tulis. Pesan moral yang ditulis adalah ada saatnya bekerja dan ada saatnya untuk bermain, siapa yang rajin dan mau bekerja keras maka ia akan memetik hasilnya, b. Keluarga Ibu Kartini mendampingi anak-anaknya membaca aplikasi buku dongeng. Terdapat dua cerita yang dibaca yaitu Angsa dan Telur Emas, kemudian Asal Usul Burung Cendrawasih. Beliau juga mengajak anak-anaknya untuk menulis pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut pada buku tulis. Pesan moral pada cerita Angsa dan Telur Emas yaitu keserakahan tidak akan membuat kita sukses, selalu bersyukur terhadap apa yang kamu miliki. Pesan moral pada cerita Asal Usul Burung Cendrawasih yaitu semua perbuatan akan mendapat balasan, kebaikan hati akan membuahkan hasil yang baik, kalau iri hati akan membuahkan petaka.
  2. Selasa, 27 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan senam zumba sederhana bersama masyarakat sasaran secara daring melalui Google Zoom yang dijadwalkan dari pukul 16.00 WITA - 17.30 WITA dengan hasil pengamatan dimana 2 keluarga telah mengikuti program senam zumba sederhana. Video senam zumba yang digunakan diambil dari youtube dengan judul Any Song- Zico | Zumba Gampang.
  3. Kamis, 29 Juli 2021 dilaksanakan penerapan dan pengamatan program literasi bersama masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group, dengan hasil pengamatan dimana 3 keluarga telah melaksanakan program literasi antara lain: a. Keluarga Ibu Agung mendampingi anak-anaknya membaca aplikasi buku dongeng dengan judul Kisah Persahabatan Angsa, beliau juga mengajak anaknya untuk menulis pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut pada buku tulis. Pesan moral yang ditulis adalah jika angsa saja bisa bersahabat dan saling menyayangi, kita sebagai manusia tidak boleh kalah dengan mereka. Ayo budayakan saling memahami, menyayangi, dan menghormati antar sesama, b. Keluarga Kakak Lia mendampingi adiknya membaca aplikasi buku dongeng dengan judul Serigala dan Bangau. Pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut adalah jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah, kita harus selalu tulus untuk menolong orang lain. Namun, kita juga harus berhati-hati, c. Keluarga Ibu Kartini mendampingi anak-anaknya mengamati video pada aplikasi buku dongeng dengan judul Kelinci dan Kura-Kura. Pesan moral yang terkandung pada video tersebut adalah jangan bersikap sombong dan menganggap remeh orang lain karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  4. Jumat, 23 Juli 2021 dilaksanakan bimbingan bersama dosen secara daring melalui Google Meet pada pukul 13.00 WITA - 14.00 WITA yang membahas mengenai sejauh mana pelaksanaan KKNbD telah berlansung dan apa saja hambatan atau kendala yang dihadapi. Pada hari ini dilaksanakan kembali kegiatan senam zumba sederhana bersama masyarakat sasaran secara daring melalui Google Zoom yang dijadwalkan dari pukul 16.00 WITA - 17.30 WITA dengan hasil pengamatan dimana 2 keluarga telah mengikuti program senam zumba sederhana. Video senam zumba yang digunakan kali ini sama dengan video senam zumba yang digunakan pada hari Rabu, 21 Juli 2021 dengan judul Yummy-Justin Bieber | Zumba Mudah. Selain itu, pada pukul 18.00 WITA saya melakukan pengiriman melaui WhatsApp Group yaitu link kuesioner yang berkaitan dengan evaluasi kegiatan KKNbD yang telah dilaksanakan sebelumnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur keberhasilan program kerja yang telah dibuat dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan program kerja KKNbD tersebut sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Berikut ini merupakan link senam zumba sederhana yang digunakan:

https://youtu.be/FpLeg5PVOWw

Berikut ini merupakan link evaluasi pelaksanaan KKNbD:

https://forms.gle/y6QYydQevs8dMKudA

Tentang Penulis