Pelaksanaan Kegiatan Tutorial Online 1 Cara Membuat dan Menggunakan Media Pembelajaran Berupa Powerpoint Interaktif dengan Masyakarat Sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali
- Oleh Ni Komang Sinta Marpelin
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Wabah
Covid-19 yang melanda lebih dari 200 Negara di Dunia, telah memberikan
tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Mengantisipasi penularan virus
tersebut pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, social and physical distancing hingga
pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan warganya
untuk tetap stay at home, bekerja,
beribadah dan belajar di rumah. Bali merupakan salah satu daerah yang beberapa
sekolahnya sudah menerapkan kembali pembelajaran tatap muka, yaitu contohnya di
Desa Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi
Bali, dimana SD di desa tersebut sejak awal bulan Mei 2021 sudah mulai
melakukan pembelajaran secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol
kesehatan dan sudah memenuhi syarat yang diminta. Jadi lokasi yang dijadikan
sebagai mitra sasaran ini adalah Desa Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara,
Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan masyarakat sasaran yang berjumlah 7
orang yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar yang ada di Desa Kaliakah.
Diketahui bahwa saat proses sosialisasi di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara,
Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan menyebarkan google
form kepada masyakarat sasaran, yaitu guru-guru SD yang berasal dari
lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana,
Provinsi Bali, maka disana penulis menemukan beberapa permasalahan yang
dihadapi oleh masyarakat sasaran, yaitu pertama karena pembelajaran
tatap muka di masa pandemi menuntut jumlah siswa dalam satu kelas harus dibagi
menjadi 2 sesi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, sehingga guru
SD memerlukan waktu dan tenaga yang lebih untuk mengajar. Sehingga guru harus
menjelaskan materi yang sama di setiap sesinya, karena hal tersebut guru merasa
kelelahan karena mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan bersumber pada
buku Tematik saja. Guru juga terkadang merasa materi yang disampaikan setiap
sesinya berbeda. Kemudian permasalahan kedua, yaitu saat pembelajaran
dilaksanakan secara daring banyak siswa yang tidak belajar dengan
sungguh-sungguh dan menjadi malas karena pengawasan guru tidak semaksimal
ketika melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga ketika pembelajaran tatap
muka mulai dilakukan banyak siswa yang sulit memahami materi. Adapun solusi
yang diberikan serta dihadirkan oleh penulis untuk menangani permasalahan yang
dihadapi masyarakat sasaran, yaitu berupa pelatihan tutorial online membuat dan
menggunakan media pembelajaran berupa power point interaktif.
Microsoft
powerpoint merupakan aplikasi presentasi dalam komputer yang penggunaannya
mudah, karena program powerpoint ini dapat diintegrasikan dengan microsoft
lainnya seperti word, excel, access dan sebagainya.
Media powerpoint merupakan suatu software yang akan
membantu dalam menyusun sebuah persentase yang efektif, profesional, dan juga
mudah. Powerpoint akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik
dan jelas tujuannya jika dipersentasikan, karena powerpoint akan membantu dalam
pembuatan slide, outline persentase, persentase elektronika,
menampilkan slide yang dinamis, clip art yang menarik, yang
semua itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Pembelajaran menggunakan media
powerpoint ini dirancang untuk proses pembelajaran yang interaktif, dimana
dalam media presentasi powerpoint dirancang dan dilengkapi dengan alat
pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya sehingga pengguna dapat
memilih apa yang diinginkan untuk petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran,
materi, soal latihan atau quiz, dan rangkuman.
Sebagaimana
yang dijadwalkan oleh pihak kampus Universitas Pendidikan Ganesha, bahwa
pelaksanaan KKNbD Undiksha Tahun 2021 dilaksanakan dari tanggal 5 Juli 2021 - 6
Agustus 2021. Maka pada Kamis, 15 Juli 2021 merupakan pelaksanaan KKNbD di
minggu kedua, yaitu melaksanakan program yang telah dirancang oleh penulis
dalam kegiatan pelaksanaan KKNbD Undiksha, dimana program yang dibuat merupakan
solusi untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, yaitu
melakukan kegiatan pelatihan tutorial online yang pertama mengenai cara membuat
dan menggunakan media pembelajaran berupa power point interaktif. Dimana
kegiatan pelatihan tutorial online 1 ini dilaksanakan selanjutnya bersama
masyarakat sasaran, pada:
Hari/tanggal : Kamis, 15 Juli 2021
Pukul : 15.00 WITA
Media
: Zoom Meeting
Pada
Selasa, 13 Juli 2021, yaitu saat itu penulis sudah mengumumkan kepada
masyarakat sasaran sebelumnya mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan pelatihan
tutorial online yang pertama mengenai cara membuat dan menggunakan media
pembelajaran berupa power point interaktif dan juga saat sosialisasi juga
penulis sudah menginformasikannya kepada masyarakat sasaran sebelumnya mengenai
jadwal pelaksanaan kegiatan KKNbD. Dimana pada saat itu juga penulis
bertanya pada seluruh masyakarakat sasaran bisa atau tidaknya untuk mengikuti
pelatihan tutorial online di zoom meeting,
ini dilakukan agar bisa mencari jam atau hari lain untuk mengganti pelaksanaan
kegiatan tutorial ini, jika memang ada salah satu guru tidak bisa pada hari
serta jam tersebut untuk mengikuti pelatihan. Kemudian pada saat tersebut
respon masyakarat sasaran semua bisa mengikuti pada Kamis, 15 Julis 2021 pukul
15.00 WITA, sehingga pealaksanaan tetap dilakukan pada hari, tanggal, dan pukul
tersebut, sesuai dengan apa yang direncanakan oleh penulis serta penulis juga
memberikan informasi kapan link zoom
meeting akan dikirimkan di Whatsapp
Grup. Kemudian tepat pada Kamis, 15 Juli 2021, melalui Whatsapp Grup penulis mengirimkan link zoom
meeting 30 menit sebelum zoom
meeting dimulai. Kemudian, penulis meminta masyarakat sasaran untuk
bergabung dalam pertemuan pelaksanaan tutorial online 1 melalui media zoom
meeting sekitar 10 atau 5 menit sebelum jam 15.00 WITA. Pelatihan
tutorial online ini diikuti oleh 7 orang masyarakat sasaran yang berprofesi
sebagai guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah,
Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Pelaksanaan zoom meeting ini tidak tepat waktu
dilakukan jam 15.00, karena alasan pertama yaitu sempat link zoom meeting yang pertama kali
dikirimkan oleh penulis pada Whatsapp
Grup terjadi eror, sehingga ketika waktu sudah mepet jam 15.00 WITA
penulis kembali membuat room zoom
meeting yang baru dan baru langsung mengirimkan kembali di Whatsapp Grup. Alasan yang kedua, yaitu ada
beberapa masyarakat sasaran yang telat bergabung ke zoom
meeting akibat terkendala dengan sinyal, sehingga pelaksanaan zoom meeting dilaksanakan jam 15.00
WITA lebih. Selanjutnya, ketika seluruh masyakarat sasaran sudah bergabung pada zoom meeting, maka penulis disini langsung
menyapa, memberi salam terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat sasaran yang
hadir pada zoom meeting kali
ini serta tidak lupa juga mengucapkan terimakasih atas ketersediaan seluruh
masyarakat sasaran dalam pelaksanaan tutorial online pertama kali ini, dan
penulis juga meminta untuk mengambil dokumentasi sebentar untuk kehadiran
seluruh masyakarat sasaran bersama penulis. Setelah itu, penulis langsung
memberikan tutorial online mengenai bagaimana cara membuat dan menggunakan
powerpoint interaktif, dimana sebelumnya penulis sudah menyiapkan materi berupa
powerpoint interaktif yang akan dijelaskan pada pelatihan tutorial 1. Sehingga
saat pemberian tutorial online 1 ini, maka penulis tinggal mengajarkan
bagaimana langkah demi langkah dalam membuat powerpoint interaktif sesuai
dengan powerpoint interaktif yang telah dibuat oleh penulis. Dimana proses
pembuatan materi ini dilakukan oleh penulis pada Senin, 12 Juli 2021 dengan
mencari referensi juga melalui aplikasi youtube, hal ini agar penulis bisa
memberikan pelatihan tutorial yang terbaik untuk masyarakat sasaran. Penulis
disini menjelaskan secara rinci tahapan-tahapan pembuatan powerpoint interaktif
ini, dari pembuatan slide pertama, slide mengenai menu yang akan dibahas pada
powerpoint interaktif, slide mengenai tujuan pembelajaran, sampai slide
mengenai penjelasan materi. Dimana disini penulis juga menekankan penggunaan
fitur-fitur pada microsoft powerpoint yang digunakan untuk membuat
sebuah powerpoint interaktif. Serta pada pelaksanaan pelatihan tutorial
online 1 ini, penulis juga mengizinkan masyarakat sasaran bertanya mengenai hal
yang tidak dimengerti. Kemudian setelah memberikan tutorial online 1 pada zoom
meeting secara detail dan menjawab pertanyaan guru yang mungkin belum paham tentang
sesuatu hal, maka penulis kemudian langsung menutup powerpoint yang dibagikan
pada zoom meeting. Kemudian, penulis
langsung menutup kegiatan pelatihan tutorial online 1 ini dimana membahas
mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint
interaktif, dan sebelum mengakhiri zoom
meeting, penulis memberikan salam penutup serta mengucapkan terimakasih
kepada masyarakat sasaran atas perhatian yang diberikan selama pelaksanaan pelatihan
tutorial online 1 yang dilakukan di pertemuan kali ini dan juga meminta maaf
apabila ada kata yang kurang berkenan selama kegiatan pelatihan tutorial online
1 yang telah dilakukan tadi. Terakhir penulis mengizinkan masyarakat sasaran
meninggalkan zoom meeting. Dan ketika zoom
meeting berakhir, penulis juga mengirimkan file media pembelajaran
berupa powerpoint interaktif dari hasil tutorial online 1 yang diberikan
sebelumnya pada zoom meeting pada Whatsapp Grup, hal ini agar masyarakat
sasaran bisa menjadikan powerpoint interaktif tersebut sebagai referensi guur
membuat powerpoint interaktif yang akan masyarakat sasaran kreasikan sendiri
nantinya.
Materi
pada pelatihan tutorial online 1 yang diberikan dan dibahas, yaitu memberikan
tutorial online pada zoom meeting dengan memberitahu cara pembuatan
dan penggunaannya mulai dari pembuatan awal hingga proses editing,
dimana dari pemberian background yang menarik, pemberian gambar-gambar, ikon,
hingga cover, slide menu, slide penjelasan tujuan pembelajaran, slide mengenai
penjelasan materi, rangkuman, dan soal-soal agar mudah dipahami siswa dan
menarik bagi siswa, sehingga nantinya media ini dapat dipergunakan guru dalam
mengoptimalkan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Materi berupa
media powerpoint interaktif ini diawali dengan slide pertama yang berisikan
judul atau cover dari materi yang akan dibelajarkan kepada siswa di sekolah
dasar, kemudian di cover diisikan shape yang kemudian berisi tulisan “mulai”
yang kemudian diatur pada hyperlink dengan klik pada shape yang ada tulisan
mulai - klik insert - klik action – klik hyperlink to – pilih next slide
(artinya ketika klik mulai, nanti akan langsung berpindah ke slide selanjutnya)
– klik oke. Agar media power point ini menjadi benar-benar interaktif, maka
dilakukan pengaturan pada set up slide show – klik dengan mengubah dari
Presented by a speaker (full screen) menjadi mode Browsed at a kiosk (full
screen) – klik ok. Selanjutnya pada slide berikutnya berisikan menu yang memuat
4 pilihan, yakni tujuan pembelajaran, materi, quiz, dan rangkuman. Jadi setelah
slide menu, guru dapat mengklik pilihan yang mana saja disesuaikan dengan
keperluan pada saat proses pembelajaran. Hal ini karena, agar pada saat
powerpoint dishow, maka baik guru maupun siswa ketika ingin menuju slide
berikutnya hanya dapat dilakukan dengan menekan ikon atau gambar yang telah diatur
pada hyperlink. Jadi, pada slide pertama terdapat ikon segiempat yang
bertuliskan mulai, ikon tersebut telah diberikan hyperlink yang ketika diklik
akan menuju slide menu. Kemudian pada slide menu yang berisikan 4 pilihan,
masing-masing pilihan tersebut juga diberikan hyperlink yang langsung menuju
slide dimana pilihan tersebut dipaparkan, dengan caranya sama seperti
penjelasan diatas hanya nanti setelah klik hyperlink to, kemudian bisa memlih
slide keberapa kiranya dituju ketika mengklik shape pada 4 menu tersebut atau
pada ikonnya tersebut, dan banyak pilihan pada hyperlink tersebut, hanya
penggunaannya bisa tinggal memilih sesuai kebutuhannya. Misalkan pada pilihan
tujuan pembelajaran, maka saat ikon atau shape yang bertuliskan tujuan
pembelajaran diklik slide power point akan langsung menuju slide yang berisikan
tujuan pembelajaran dari materi yang telah dipelajari. Begitupun pada pilihan
lain seperti materi, quiz, dan rangkuman. Selanjutnya pada setiap slide power
point juga disediakan ikon tambahan berupa tanda yang bertuliskan “back” dan
“next”. Sehingga ketika shape bertulis “back” diklik, maka slide power point
akan otomatis menuju slide sebelumnya atau slide menu tergantung dimana ikon
tersebut diarahkan dalam pengaturan hyperlinknya atau disesuaikan dengan
kebutuhan pembuat juga nantinya ingin mengarahkan kemana. Apabila di slide
mengenai tujuan pembelajaran, disana penulis hanya meletakkan shape bertulis
“back” yang diarahkan ke slide menu untuk menuju pilihan berikutnya. Kemudian
untuk di slide pembahasan materi, yaitu apabila berada pada awal slide materi,
maka shape bertulis “back” diarahkan ke slide menu dan shape bertulis “next”
diarahkan ke slide selanjutnya. Untuk di slide pertengahan materi, yaitu dari
slide kedua untuk penjelasan materi, maka shape bertulis “back” diarahkan
menuju slide sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide
selanjutnya. Namun jika berada diakhir slide materi, maka shape bertulis “back”
diarahkan menuju slide sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide
menu untuk menuju pilihan berikutnya. Dan juga ditiap slide diberikan shape
berbentu “x” yang diletakkan di pojokan kanan atas, dimana shape “x” tersebut
dihyperlink dengan memilih “end show” pada hyperlink, yang artinya setiap
megklik tanda “x” itu maka akan megakhiri slide show powerpointnya. Kemudian
untuk penjelasan mengenai tahapan pembuatan dan penggunaan pada slide “quiz”
dan “rangkuman” akan penulis bahas di pelatihan tutorial online ke-2 atau yang
selajutnya. Pelaksanaan
kegiatan pelatihan tutorial online 1 mengenai cara membuat dan menggunakan
media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, yang diadakan pada Kamis, 15
Juli 2021 ini berjalan dengan baik dan terarah juga dengan baik dan semua
masyarakat sasaran mendengarkan dan memperhatikan penjelasan penulis dengan
baik. Ketika ada hal yang kurang dimengerti, masyarakat sasaran tidak enggan
untuk bertanya pada zoom meeting dan
juga masyakarat sasaran selalu menjawab dengan baik dan cepat pertanyaan yang
penulis ajukan dan memberikan respon yang baik juga, sehingga pelaksanaan
kegiatan pelatihan tutorial online 1 kali ini berjalan dengan sangat baik
dan lancar.
Berikut
ini saya lampirkan link untuk melihat materi kegiatan pelaksanaan tutorial
online 1 ini beserta dokumentasi kegiatan tutorial online 1 dengan masyarakat
sasaran, yang juga berisikan dokumentasi tahapan pembuatan powerpoint
interaktif yang diajarkan penulis kepada masyarakat sasaran dari Desa Kaliakah,
Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali melalui zoom meeting:
https://drive.google.com/drive/folders/1dxHGbJ5-6bhU-uQT9XVSA-RAuY7sKSAt?usp=sharing