Pelaksanaan Kegiatan Tutorial Online 2 Cara Membuat dan Menggunakan Media Pembelajaran Berupa Powerpoint Interaktif dengan Masyakarat Sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali

Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia menjadi kendala bagi semua kalangan di dunia dan juga merupakan krisis kesehatan bagi umat manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat banyak seperti banyaknya sekolah di dunia ditutup untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Wabah Covid-19 yang melanda lebih dari 200 Negara di Dunia, telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, social and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan warganya untuk tetap stay at home, bekerja, beribadah dan belajar di rumah. Bali merupakan salah satu daerah yang beberapa sekolahnya sudah menerapkan kembali pembelajaran tatap muka, yaitu contohnya di Desa Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dimana SD di desa tersebut sejak awal bulan Mei 2021 sudah mulai melakukan pembelajaran secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sudah memenuhi syarat yang diminta. Jadi lokasi yang dijadikan sebagai mitra sasaran ini adalah Desa Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan masyarakat sasaran yang berjumlah 7 orang yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar yang ada di Desa Kaliakah. Diketahui bahwa saat proses sosialisasi di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan menyebarkan google form kepada masyakarat sasaran, yaitu guru-guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, maka disana penulis menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, yaitu pertama karena pembelajaran tatap muka di masa pandemi menuntut jumlah siswa dalam satu kelas harus dibagi menjadi 2 sesi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, sehingga guru SD memerlukan waktu dan tenaga yang lebih untuk mengajar. Sehingga guru harus menjelaskan materi yang sama di setiap sesinya, karena hal tersebut guru merasa kelelahan karena mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan bersumber pada buku Tematik saja. Guru juga terkadang merasa materi yang disampaikan setiap sesinya berbeda. Kemudian permasalahan kedua, yaitu saat pembelajaran dilaksanakan secara daring banyak siswa yang tidak belajar dengan sungguh-sungguh dan menjadi malas karena pengawasan guru tidak semaksimal ketika melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga ketika pembelajaran tatap muka mulai dilakukan banyak siswa yang sulit memahami materi. Adapun solusi yang diberikan serta dihadirkan oleh penulis untuk menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat sasaran, yaitu berupa pelatihan tutorial online membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa power point interaktif.

Microsoft powerpoint merupakan aplikasi presentasi dalam komputer yang penggunaannya mudah, karena program powerpoint ini dapat diintegrasikan dengan microsoft lainnya seperti word, excel, access dan sebagainya. Media powerpoint merupakan suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah persentase yang efektif, profesional, dan juga mudah. Powerpoint akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipersentasikan, karena powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline persentase, persentase elektronika, menampilkan slide yang dinamis, clip art yang menarik, yang semua itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Pembelajaran menggunakan media powerpoint ini dirancang untuk proses pembelajaran yang interaktif, dimana dalam media presentasi powerpoint dirancang dan dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, soal latihan atau quiz, dan rangkuman.

Sebagaimana yang dijadwalkan oleh pihak kampus Universitas Pendidikan Ganesha, bahwa pelaksanaan KKNbD Undiksha Tahun 2021 dilaksanakan dari tanggal 5 Juli 2021 - 6 Agustus 2021. Maka pada Kamis, 22 Juli 2021 merupakan pelaksanaan KKNbD di minggu ketiga, yaitu melaksanakan program yang telah dirancang oleh penulis dalam kegiatan pelaksanaan KKNbD Undiksha, dimana program yang dibuat merupakan solusi untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, yaitu melakukan kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua kalinya mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, yang mana pelatihan kedua ini berbeda dari pelatihan yang pertama. Dimana pelatihan yang kedua ini akan menampilkan fitur pembuatan dengan pengeditan yang lain dan berbeda dari yang pertama, yang kemudian akan ditunjukkan cara pembuatan dan penggunaanya ini kepada masyarakat sasaran pada zoom meeting, terutama disini paling menekankan pada pembuatan slide untuk menu quiz. Bisa dikatakan juga bahwa pelatihan kedua ini merupakan lanjutan dari pengeditan dalam pembuatan dan penggunaan powerpoint interaktif yang sudah dibuat dan diberikan tutorial setengahnya pada pelatihan pertama. Dimana kegiatan pelatihan tutorial online 2 (kedua) ini dilaksanakan bersama masyarakat sasaran, pada:

Hari/tanggal    : Kamis, 22 Juli 2021

Pukul               : 15.00 WITA

Media              : Zoom Meeting

Pada Rabu, 21 Juli 2021, yaitu saat itu penulis sudah mengumumkan kepada masyarakat sasaran sebelumnya mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif dan juga saat sosialisasi juga penulis sudah menginformasikannya kepada masyarakat sasaran sebelumnya mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan KKNbD. Dimana pada saat  itu juga penulis bertanya pada seluruh masyakarakat sasaran bisa atau tidaknya untuk mengikuti pelatihan tutorial online di zoom meeting, hal ini dilakukan agar bisa mencari jam atau hari lain untuk mengganti pelaksanaan kegiatan tutorial, jika memang ada salah satu guru tidak bisa pada hari serta jam tersebut untuk mengikuti pelatihan. Kemudian pada saat tersebut respon 6 masyarakat sasaran yaitu bisa mengikuti pelaksanaan tutorial online pada Kamis, 22 Julis 2021 pukul 15.00 WITA, tetapi 1 masyarakat sasaran tidak merespon dan hanya membacanya saja, ini dilakukan masyarakat sasaran tersebut karena masih mempertimbangkan sesuatu. Tetapi disini pelaksanaan tetap dilakukan pada hari, tanggal, dan pukul tersebut, sesuai dengan apa yang direncanakan oleh penulis serta penulis juga memberikan informasi kapan link zoom meeting akan dikirimkan di Whatsapp Grup. Kemudian tepat pada Kamis, 22 Juli 2021, melalui Whatsapp Grup penulis mengirimkan link zoom meeting 30 menit sebelum zoom meeting dimulai. Kemudian, penulis meminta masyarakat sasaran untuk bergabung dalam pertemuan pelatihan tutorial online kedua melalui media zoom meeting sekitar 10 atau 5 menit sebelum jam 15.00 WITA. Diantara 7 masyarakat sasaran, maka pada pelaksanaan tutorial online kedua ini hanya diikuti oleh 6 orang masyarakat sasaran saja yang berprofesi sebagai guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dan 1 masyarakat sasaran yang juga tidak merespon di Whatsapp Grup kemarinnya tersebut tidak bisa mengikuti pelaksanaan tutorial online pada Kamis, 22 Juli 2021, dikarenakan masyarakat sasaran tersebut ada acara yang tidak bisa ditinggalkan serta masyarakat sasaran tersebut juga mengabari dan meminta maaf pada Whatsapp Grup pada Kamis, 22 Juli 2021 dikarenakan tidak dapat hadir atau join zoom meeting pada pelaksanaan tutorial online kedua ini. Sehingga disana penulis langsung mengabari pada Whatsapp Grup mengenai rencana pelaksanaan selanjutnya yang diinfokan sebelumnya pada zoom meeting kepada masyarakat sasaran yang tidak mengikuti zoom meeting itu, agar masyarakat sasaran tersebut tidak ketinggalan info dan untuk materi yang diberikan pada pelatihan tutorial online kedua tersebutpun dikirimkan pada Whatsapp Grup agar semua masyarakat sasaran, terutama masyarakat sasaran yang tidak bisa hadir tersebut bisa melihat hasilnya dan bisa menjadikannya sebagai referensi untuk pemebuatan powerpoint interaktif.  Pelaksanaan zoom meeting ini tidak tepat waktu dilakukan jam 15.00, karena ada beberapa masyarakat sasaran yang telat bergabung ke zoom meeting akibat terkendala dengan sinyal, sehingga pelaksanaan zoom meeting dilaksanakan jam 15.00 WITA lebih. Selanjutnya, ketika seluruh masyakarat sasaran sudah bergabung pada zoom meeting, maka penulis disini langsung menyapa, memberi salam terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat sasaran yang hadir pada zoom meeting kali ini serta tidak lupa juga mengucapkan terimakasih atas ketersediaan seluruh masyarakat sasaran dalam pelaksanaan pelatihan tutorial online yang kedua kali ini, dan penulis juga meminta untuk mengambil dokumentasi sebentar untuk kehadiran seluruh masyakarat sasaran bersama penulis. Setelah itu, penulis langsung memberikan tutorial online mengenai bagaimana cara membuat dan menggunakan powerpoint interaktif, dimana sebelumnya penulis sudah menyiapkan materi berupa powerpoint interaktif yang akan dijelaskan pada pelatihan tutorial online yang kedua. Sehingga saat pemberian tutorial online, maka penulis tinggal mengajarkan bagaimana langkah demi langkah dalam membuat powerpoint interaktif sesuai dengan powerpoint interaktif yang telah dibuat oleh penulis. Dimana pelatihan tutorial online kedua ini melanjutkan pembuatan powerpoint interaktif pertama yang sebelumnya masih sampai pembuatan slide untuk menu materi. Untuk proses pembuatan materi pelaksanaan tutorial online ini dilakukan oleh penulis pada Senin, 12 Juli 2021 dengan mencari referensi juga melalui aplikasi youtube, hal ini agar penulis bisa memberikan pelatihan tutorial yang terbaik untuk masyarakat sasaran. Penulis disini menjelaskan secara rinci tahapan-tahapan pembuatan powerpoint interaktif ini, dari pembuatan slide untuk menu quiz, slide untuk menu rangkuman, sampai slide dengan ucapan terima kasih. Dimana disini penulis juga menekankan penggunaan fitur-fitur pada  microsoft powerpoint yang digunakan untuk membuat sebuah powerpoint interaktif dan terutama sangat menekankan juga pada fitur-fitur yang digunakan agar bisa membuat slide pada menu quiz yang menarik dan interaktif. Serta pada pelaksanaan pelatihan tutorial online kedua ini, penulis juga mengizinkan masyarakat sasaran bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti. Kemudian setelah memberikan tutorial online kedua pada zoom meeting secara detail dan menjawab pertanyaan guru yang mungkin belum paham tentang sesuatu hal, maka penulis kemudian langsung menutup powerpoint yang dibagikan pada zoom meeting. Selanjutnya penulis memberikan informasi juga pada masyarakat sasaran bahwa sesuai dengan sosialisasi yang diberikan dahulu, setelah pemberian tutorial online selesai, maka masyarakat sasaran diminta untuk membuat powerpoint interaktif sekreatif mungkin dan menyesuaikan juga dengan tutorial online yang telah diberikan oleh penulis dan powerpoint interaktifnya yang dibuat nanti ini harus dikirimkan hasil pembuatannya pada Whatsapp Grup paling lambat hari Rabu minggu depan tanggal 28 Juli 2021 dan kemudian nanti saat zoom meeting di pertemuan berikutnya, maka masyraakt sasaran akan menampilkan dan menjelaskan powerpoint interaktif yang telah dibuatnya itu. Selama proses pembuatan powerpoint interaktif tersebut, maka penulis juga akan memonitoring atau akan memberikan pendampingan melalui Whatsapp Grup pada masyarakat sasaran. Kemudian setelah memberikan info tersebut, penulis langsung menutup kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua ini dimana membahas mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, dan sebelum mengakhiri zoom meeting, penulis memberikan salam penutup serta mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sasaran atas perhatian yang diberikan selama pelaksanaan pelatihan tutorial online kedua yang dilakukan di pertemuan kali ini dan juga meminta maaf apabila ada kata yang kurang berkenan selama kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan tadi. Terakhir penulis mengizinkan masyarakat sasaran meninggalkan zoom meeting. Dan ketika zoom meeting berakhir, penulis juga mengirimkan file media pembelajaran berupa powerpoint interaktif dari hasil tutorial online 1 dan 2 yang diberikan sebelumnya pada zoom meeting pada Whatsapp Grup, hal ini agar masyarakat sasaran bisa menjadikan powerpoint interaktif tersebut sebagai referensi dalam membuat powerpoint interaktif yang akan masyarakat sasaran kreasikan sendiri.

Materi sosialisasi yang diberikan dan dibahas, yaitu memberikan tutorial online pada zoom meeting dengan memberitahu cara pembuatan dan penggunaannya mulai dari pembuatan awal hingga proses editing, yaitu disini pertama melanjutkan hasil pelatihan tutorial online yang pertama sebelumnya, yaitu disini membuat langsung slide untuk menu quiz maka bisa klik kanan pada slide paling bawah – lalu klik new slide lagi. Lalu, memberikan background baru dan kemudian klik sekarang insert – shape – pilih bentuk yang mau digunakan – kemudian pilih warna shape yang diinginkan pada “format” – ketik soal quiz yang akan mau digunakan pada bentuk shape yang telah dipilih – pilih font sesuai selera – atur juga size fontnya sesuai selera. Lalu siapkan 4 bentuk shape juga untuk meletakkan tulisan jawaban A, B, C, dan D. Kemudian jika ingin ketika jawaban yang salah di klik itu keluar gambar emoticon menangis dan mengklik jawaban yang benar akan ada gambar emoticon bahagia, maka caranya yaitu pertama harus mendownload terlebih dahulu di google emoticon menangis dan bahagia ataupun terserah pembuat ingin mengunakan gambar apa untuk mengekpresikannya. Kemudian ingin memasukkan emoticonnya pada slide, caranya klik insert – picture – pilih gambar emoticon yang sudah di download sebelumnya dan yang akan mau diletakkan di slide powerpoint – klik insert. Lalu sekarang agar saat mengklik salah satu jawaban ABCD, dimana mengklik jawaban yang salah nanti akan keluar gambar emoticon menangis, tetapi jika mengklik jawaban yang benar akan ada gambar emoticon bahagia, maka caranya yaitu berikan animasi masuk dan keluar pada emoticon bahagianya terlebih dahulu, caranya klik animations – add animation – pilih more entrance effect untuk animasi masuk – pilih animasi masuk yang mau digunakan – klik oke. Untuk animasi keluarnya, yaitu klik gambar emoticon bahagianya terlebih dahulu – kemudian klik animations – add animation – pilih more exit effect untuk animasi keluar – pilih animasi masuk yang mau digunakan – klik oke. Kemudian klik pada animations, lalu klik lagi animation pane, lalu cari bintang berwarna merah yang menggambarkan animasi keluar, maka disana klik bintang merah tersebut, lalu pada tulisan start yang diatas nanti ubah dari on click menjadi after previous serta pada delaynya ubah dari 00,00 menjadi 01,00.  Lalu selanjutnya klik home – klik select – klik selection pane, kemudian klik shape yang tempat tulisan jawaban yang benar dan perhatikan dan ingat nama shape untuk jawaban yang benar pada selection pane. Sekarang selanjutnya klik animation lagi, klik lagi pada animation pane, lalu klik sekaligus keduanya untuk bintang hijau dan merah yang menggambar animasi masuk dan keluar untuk emoticon bahagia dengan cara klik satu dulu antara animasi masuk dan keluarnya itu, lalu klik “ctrl” pada keyboard lalu pindahlan mouse ke animasi satunya sehingga akan ke blok kedua animasinya, baru selanjutnya klik trigger, lalu pilih “on click of”, pilih nama shape untuk shape yang berisi tulisan jawaban yang benar. Kemudian sekarang, jika ingin memberikan efek suara, misalnya saat benar ada suara tepuk tangan dan saat salah ada suara bomb, maka caranya yaitu klik tiap animasi masuk yang berwarna hijau pada animation pane, maka disana nanti terlihat semua animasi yang digunakan pada slide untuk quiz pada pertanyaan pertama tersebut. Lalu selanjutnya klik satu persatu semua animasi masuknya yang berwarna hijau tersebut, yaitu nanti setakh klik kanan untuk satu animasi berwarna hijau dulu – kemudian pilih effect option – pilih pada sound yaitu applause untuk jawaban benar dan sound yang bomb untuk jawaban salah – klik ok. Selanjutnya untuk pengaturan jawaban yang salah diberikan emoticon sedih, caranya juga sama seperti pemberian emoticon bahagia, hanya saja yang ditaur nanti pada emoticon sedihnya. Maka setelah itu itu akan sudah teratur ketika nanti mengklik salah satu shape ABCD yang berisi tulisan jawaban yang benar, akan otomatis keluar gambar emoticon bahagia dan suara tepuk tangan yang keluar, sedangkan ketika nanti mengklik salah satu shape ABCD yang berisi tulisan jawaban yang salah, akan otomatis keluar gambar emoticon menangis dan suara bomb yang keluar. Jika untuk soal berikutnya, maka pembuat tidak perlu mengedit kembali dari awal, duplicate saja slide untuk soal nomor 1 tadi yang sudah di edit tersebut, dengan cara klik kanan pada slide untuk soal nomor 1 yang sudah di edit sebelumnya dan kemudian pilih duplicate slide. Kemudian misal tadi pada shape di jawaban A benar, maka tinggal dipindahkan tempatya misalkan soal selanjutnya yang benar di B, maka pindahkan shape yang A ke B dan yang B ke A, agar nanti ketika mengklik yang B, jawabannya sudah otomatis di edit menunjukkan jawaban yang benar. Selanjutnya membuat new slide untuk slide yang membahas rangkuman, disana tidak ada fitur yang menonjol seperti untuk pembuatan slide menu quiz. Hanya berikan background kemudian setelah itu sesuka pembuat saja, misal ingin menambahkan shape untuk digunakan sebagai tempat tulisan rangkuman atau menggunakan text box, jadi sekreatif pembuatnya saja. Kemudian new slide lagi untuk membuat slide temapt tulisan terimakasih dan juga disana penulis menambahkan shape yang bertuliskan “end” yang kemudian diatur hyperlinknya dengan klik insert – action – hyperlink to – pilih end show. Kemudian juga disetiap slide untuk menu quiz dan rangkuman ini diberikan shape dengan tulis “back” dan “next” yang sudah diatur pada fitur hyperlinknya. Dimana pada slide mengenai quiz, yaitu apabila berada pada awal slide untuk menu quiz, maka shape bertulis “back” diarahkan ke slide menu dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide selanjutnya. Untuk di slide pertengahan, yaitu dari slide kedua pada slide mengenai menu quiz, maka shape bertulis “back” diarahkan menuju slide sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide selanjutnya. Namun jika berada diakhir slide, maka shape bertulis “back” diarahkan menuju slide sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide menu untuk menuju pilihan berikutnya. Dan pada slide mengenai rangkuman “back” diatur hyperlinknya untuk diarahkan ke slide menu dan “next” diatur hyperlinknya untuk diarahkan ke slide selanjutnya atau slide yang berisikan tulisan terimakasih. Dan juga ditiap slide juga diberikan shape berbentu “x” yang diletakkan di pojokan kanan atas, dimana shape “x” tersebut dihyperlink dengan memilih “end show” pada hyperlink, yang artinya setiap megklik tanda “x” itu maka akan megakhiri slide show powerpointnya, kecuali pada slide terimakasih yang sudah diberikan shape tulisan end yang juga hyperlinknya diatur mengarahkan ke “end show”.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua ini, dimana memberikan tutorial mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, yang diadakan pada Kamis, 22 Juli 2021 ini berjalan dengan baik dan terarah juga dengan baik dan semua masyarakat sasaran mendengarkan dan memperhatikan penjelasan penulis dengan baik. Ketika ada hal yang kurang dimengerti, masyarakat sasaran tidak enggan untuk bertanya pada zoom meeting dan juga masyakarat sasaran selalu menjawab dengan baik dan cepat pertanyaan yang penulis ajukan dan memberikan respon yang baik juga, sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua kali ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.


Berikut ini saya lampirkan link untuk melihat gabungan materi kegiatan pelaksanaan tutorial online 1 dan 2 beserta dokumentasi kegiatan tutorial online pada pelaksanaan tutorial online 2 dengan masyarakat sasaran, yang juga berisikan dokumentasi tahapan pembuatan powerpoint interaktif pada pelatihan kedua yang diajarkan pada masyarakat sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali melalui zoom meeting:

https://drive.google.com/drive/folders/1QN7dhKt89FhEp56A1xeut0YCyNK3exGh?usp=sharing


Tentang Penulis