Pelaksanaan Kegiatan Tutorial Online 2 Cara Membuat dan Menggunakan Media Pembelajaran Berupa Powerpoint Interaktif dengan Masyakarat Sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali
- Oleh Ni Komang Sinta Marpelin
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Pandemi Covid-19 yang terjadi
hampir di seluruh dunia menjadi kendala bagi semua kalangan di dunia dan juga
merupakan krisis kesehatan bagi umat manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi
Covid-19 memberikan dampak yang sangat banyak seperti banyaknya sekolah di
dunia ditutup untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Wabah Covid-19 yang melanda
lebih dari 200 Negara di Dunia, telah memberikan tantangan tersendiri bagi
lembaga pendidikan. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah telah
mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, social and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala
besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan warganya untuk tetap stay at home, bekerja, beribadah dan
belajar di rumah. Bali merupakan salah satu daerah yang beberapa sekolahnya
sudah menerapkan kembali pembelajaran tatap muka, yaitu contohnya di Desa
Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali,
dimana SD di desa tersebut sejak awal bulan Mei 2021 sudah mulai melakukan
pembelajaran secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sudah
memenuhi syarat yang diminta. Jadi lokasi yang dijadikan sebagai mitra sasaran
ini adalah Desa Kaliakah yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana,
Provinsi Bali dengan masyarakat sasaran yang berjumlah 7 orang yang berprofesi
sebagai guru Sekolah Dasar yang ada di Desa Kaliakah. Diketahui bahwa saat
proses sosialisasi di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana,
Provinsi Bali dengan menyebarkan google
form kepada masyakarat sasaran, yaitu guru-guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa
Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, maka disana
penulis menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran,
yaitu pertama karena pembelajaran
tatap muka di masa pandemi menuntut jumlah siswa dalam satu kelas harus dibagi
menjadi 2 sesi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, sehingga guru
SD memerlukan waktu dan tenaga yang lebih untuk mengajar. Sehingga guru harus
menjelaskan materi yang sama di setiap sesinya, karena hal tersebut guru merasa
kelelahan karena mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan bersumber pada
buku Tematik saja. Guru juga terkadang merasa materi yang disampaikan setiap
sesinya berbeda. Kemudian permasalahan kedua, yaitu saat pembelajaran
dilaksanakan secara daring banyak siswa yang tidak belajar dengan
sungguh-sungguh dan menjadi malas karena pengawasan guru tidak semaksimal
ketika melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga ketika pembelajaran tatap
muka mulai dilakukan banyak siswa yang sulit memahami materi. Adapun solusi
yang diberikan serta dihadirkan oleh penulis untuk menangani permasalahan yang
dihadapi masyarakat sasaran, yaitu berupa pelatihan tutorial online
membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa power point interaktif.
Microsoft powerpoint merupakan
aplikasi presentasi dalam komputer yang penggunaannya mudah, karena program
powerpoint ini dapat diintegrasikan dengan microsoft lainnya seperti word,
excel, access dan sebagainya. Media powerpoint merupakan
suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah persentase
yang efektif, profesional, dan juga mudah. Powerpoint akan membantu
sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipersentasikan,
karena powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline persentase, persentase
elektronika, menampilkan slide yang dinamis, clip art yang
menarik, yang semua itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Pembelajaran menggunakan media powerpoint ini dirancang
untuk proses pembelajaran yang interaktif, dimana dalam media presentasi
powerpoint dirancang dan dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat
dioperasikan oleh penggunanya sehingga pengguna dapat memilih apa yang
diinginkan untuk petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, soal latihan
atau quiz, dan rangkuman.
Sebagaimana
yang dijadwalkan oleh pihak kampus Universitas Pendidikan Ganesha, bahwa
pelaksanaan KKNbD Undiksha Tahun 2021 dilaksanakan dari tanggal 5 Juli 2021 - 6
Agustus 2021. Maka pada Kamis, 22 Juli 2021 merupakan pelaksanaan KKNbD di minggu
ketiga, yaitu melaksanakan program yang telah dirancang oleh penulis dalam
kegiatan pelaksanaan KKNbD Undiksha, dimana program yang dibuat merupakan
solusi untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, yaitu
melakukan kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua kalinya mengenai cara
membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, yang
mana pelatihan kedua ini berbeda dari pelatihan yang pertama. Dimana pelatihan
yang kedua ini akan menampilkan fitur pembuatan dengan pengeditan yang lain dan
berbeda dari yang pertama, yang kemudian akan ditunjukkan cara pembuatan dan
penggunaanya ini kepada masyarakat sasaran pada zoom meeting, terutama disini paling
menekankan pada pembuatan slide untuk menu quiz. Bisa dikatakan juga bahwa
pelatihan kedua ini merupakan lanjutan dari pengeditan dalam pembuatan dan
penggunaan powerpoint interaktif yang sudah dibuat dan diberikan tutorial
setengahnya pada pelatihan pertama. Dimana kegiatan pelatihan tutorial online 2
(kedua) ini dilaksanakan bersama masyarakat sasaran, pada:
Hari/tanggal : Kamis, 22 Juli 2021
Pukul : 15.00 WITA
Media : Zoom Meeting
Pada
Rabu, 21 Juli 2021, yaitu saat itu penulis sudah mengumumkan kepada masyarakat
sasaran sebelumnya mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial
online yang kedua mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran
berupa powerpoint interaktif dan juga saat sosialisasi juga penulis sudah
menginformasikannya kepada masyarakat sasaran sebelumnya mengenai jadwal
pelaksanaan kegiatan KKNbD. Dimana pada saat
itu juga penulis bertanya pada seluruh masyakarakat sasaran bisa atau
tidaknya untuk mengikuti pelatihan tutorial online di zoom meeting, hal ini dilakukan agar bisa mencari jam atau hari
lain untuk mengganti pelaksanaan kegiatan tutorial, jika memang ada salah satu
guru tidak bisa pada hari serta jam tersebut untuk mengikuti pelatihan.
Kemudian pada saat tersebut respon 6 masyarakat sasaran yaitu bisa mengikuti pelaksanaan
tutorial online pada Kamis, 22 Julis 2021 pukul 15.00 WITA, tetapi 1 masyarakat
sasaran tidak merespon dan hanya membacanya saja, ini dilakukan masyarakat
sasaran tersebut karena masih mempertimbangkan sesuatu. Tetapi disini pelaksanaan
tetap dilakukan pada hari, tanggal, dan pukul tersebut, sesuai dengan apa yang
direncanakan oleh penulis serta penulis juga memberikan informasi kapan link zoom meeting akan dikirimkan di Whatsapp Grup. Kemudian tepat pada
Kamis, 22 Juli 2021, melalui Whatsapp
Grup penulis mengirimkan link zoom
meeting 30 menit sebelum zoom meeting
dimulai. Kemudian, penulis meminta masyarakat sasaran untuk bergabung dalam
pertemuan pelatihan tutorial online kedua melalui media zoom meeting sekitar 10 atau 5 menit sebelum jam 15.00 WITA. Diantara
7 masyarakat sasaran, maka pada pelaksanaan tutorial online kedua ini hanya diikuti
oleh 6 orang masyarakat sasaran saja yang berprofesi sebagai guru SD yang
berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten
Jembrana, Provinsi Bali dan 1 masyarakat sasaran yang juga tidak merespon di Whatsapp Grup kemarinnya tersebut tidak
bisa mengikuti pelaksanaan tutorial online pada Kamis, 22 Juli 2021,
dikarenakan masyarakat sasaran tersebut ada acara yang tidak bisa ditinggalkan
serta masyarakat sasaran tersebut juga mengabari dan meminta maaf pada Whatsapp Grup pada Kamis, 22 Juli 2021 dikarenakan
tidak dapat hadir atau join zoom meeting pada
pelaksanaan tutorial online kedua ini. Sehingga disana penulis langsung mengabari
pada Whatsapp Grup mengenai rencana
pelaksanaan selanjutnya yang diinfokan sebelumnya pada zoom meeting kepada masyarakat sasaran yang tidak mengikuti zoom meeting itu, agar masyarakat
sasaran tersebut tidak ketinggalan info dan untuk materi yang diberikan pada
pelatihan tutorial online kedua tersebutpun dikirimkan pada Whatsapp Grup agar semua masyarakat
sasaran, terutama masyarakat sasaran yang tidak bisa hadir tersebut bisa
melihat hasilnya dan bisa menjadikannya sebagai referensi untuk pemebuatan
powerpoint interaktif. Pelaksanaan zoom meeting ini tidak tepat waktu dilakukan jam 15.00, karena ada
beberapa masyarakat sasaran yang telat bergabung ke zoom meeting akibat terkendala dengan sinyal, sehingga pelaksanaan zoom meeting dilaksanakan jam 15.00 WITA
lebih. Selanjutnya, ketika seluruh masyakarat sasaran sudah bergabung pada zoom meeting, maka penulis disini langsung
menyapa, memberi salam terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat sasaran yang
hadir pada zoom meeting kali ini
serta tidak lupa juga mengucapkan terimakasih atas ketersediaan seluruh
masyarakat sasaran dalam pelaksanaan pelatihan tutorial online yang kedua kali
ini, dan penulis juga meminta untuk mengambil dokumentasi sebentar untuk
kehadiran seluruh masyakarat sasaran bersama penulis. Setelah itu, penulis
langsung memberikan tutorial online mengenai bagaimana cara membuat dan
menggunakan powerpoint interaktif, dimana sebelumnya penulis sudah menyiapkan
materi berupa powerpoint interaktif yang akan dijelaskan pada pelatihan
tutorial online yang kedua. Sehingga saat pemberian tutorial online, maka
penulis tinggal mengajarkan bagaimana langkah demi langkah dalam membuat
powerpoint interaktif sesuai dengan powerpoint interaktif yang telah dibuat
oleh penulis. Dimana pelatihan tutorial online kedua ini melanjutkan pembuatan powerpoint
interaktif pertama yang sebelumnya masih sampai pembuatan slide untuk menu
materi. Untuk proses pembuatan materi pelaksanaan tutorial online ini dilakukan
oleh penulis pada Senin, 12 Juli 2021 dengan mencari referensi juga melalui
aplikasi youtube, hal ini agar penulis bisa memberikan pelatihan tutorial yang
terbaik untuk masyarakat sasaran. Penulis disini menjelaskan secara rinci tahapan-tahapan
pembuatan powerpoint interaktif ini, dari pembuatan slide untuk menu quiz,
slide untuk menu rangkuman, sampai slide dengan ucapan terima kasih. Dimana
disini penulis juga menekankan penggunaan fitur-fitur pada microsoft powerpoint yang digunakan
untuk membuat sebuah powerpoint interaktif dan terutama sangat menekankan juga
pada fitur-fitur yang digunakan agar bisa membuat slide pada menu quiz yang
menarik dan interaktif. Serta pada pelaksanaan
pelatihan tutorial online kedua ini, penulis juga mengizinkan masyarakat
sasaran bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti. Kemudian setelah
memberikan tutorial online kedua pada zoom meeting secara detail dan menjawab
pertanyaan guru yang mungkin belum paham tentang sesuatu hal, maka penulis
kemudian langsung menutup powerpoint yang dibagikan pada zoom meeting. Selanjutnya penulis memberikan informasi juga pada
masyarakat sasaran bahwa sesuai dengan sosialisasi yang diberikan dahulu,
setelah pemberian tutorial online selesai, maka masyarakat sasaran diminta
untuk membuat powerpoint interaktif sekreatif mungkin dan menyesuaikan juga
dengan tutorial online yang telah diberikan oleh penulis dan powerpoint
interaktifnya yang dibuat nanti ini harus dikirimkan hasil pembuatannya pada Whatsapp Grup paling lambat hari Rabu
minggu depan tanggal 28 Juli 2021 dan kemudian nanti saat zoom meeting di pertemuan berikutnya, maka masyraakt sasaran akan menampilkan
dan menjelaskan powerpoint interaktif yang telah dibuatnya itu. Selama proses
pembuatan powerpoint interaktif tersebut, maka penulis juga akan memonitoring
atau akan memberikan pendampingan melalui Whatsapp
Grup pada masyarakat sasaran. Kemudian setelah memberikan info tersebut,
penulis langsung menutup kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua ini dimana
membahas mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa
powerpoint interaktif, dan sebelum mengakhiri zoom meeting, penulis memberikan salam penutup serta mengucapkan
terimakasih kepada masyarakat sasaran atas perhatian yang diberikan selama
pelaksanaan pelatihan tutorial online kedua yang dilakukan di pertemuan kali
ini dan juga meminta maaf apabila ada kata yang kurang berkenan selama kegiatan
sosialisasi yang telah dilakukan tadi. Terakhir penulis mengizinkan masyarakat
sasaran meninggalkan zoom meeting.
Dan ketika zoom meeting berakhir,
penulis juga mengirimkan file media pembelajaran berupa powerpoint interaktif
dari hasil tutorial online 1 dan 2 yang diberikan sebelumnya pada zoom meeting pada Whatsapp Grup, hal ini agar masyarakat sasaran bisa menjadikan powerpoint
interaktif tersebut sebagai referensi dalam membuat powerpoint interaktif yang
akan masyarakat sasaran kreasikan sendiri.
Materi
sosialisasi yang diberikan dan dibahas, yaitu memberikan tutorial online pada zoom meeting dengan memberitahu cara
pembuatan dan penggunaannya mulai dari pembuatan awal hingga proses editing, yaitu disini pertama
melanjutkan hasil pelatihan tutorial online yang pertama sebelumnya, yaitu
disini membuat langsung slide untuk menu quiz maka bisa klik
kanan pada slide paling bawah – lalu klik new slide lagi. Lalu, memberikan background
baru dan kemudian klik sekarang insert – shape – pilih bentuk yang mau digunakan
– kemudian pilih warna shape yang diinginkan pada “format” – ketik soal quiz
yang akan mau digunakan pada bentuk shape yang telah dipilih – pilih font
sesuai selera – atur juga size fontnya sesuai selera. Lalu siapkan 4 bentuk
shape juga untuk meletakkan tulisan jawaban A, B, C, dan D. Kemudian jika ingin
ketika jawaban yang salah di klik itu keluar gambar emoticon menangis dan mengklik
jawaban yang benar akan ada gambar emoticon bahagia, maka caranya yaitu pertama
harus mendownload terlebih dahulu di google emoticon menangis dan bahagia
ataupun terserah pembuat ingin mengunakan gambar apa untuk mengekpresikannya.
Kemudian ingin memasukkan emoticonnya pada slide, caranya klik insert – picture
– pilih gambar emoticon yang sudah di download sebelumnya dan yang akan mau
diletakkan di slide powerpoint – klik insert. Lalu sekarang agar saat mengklik salah
satu jawaban ABCD, dimana mengklik jawaban yang salah nanti akan keluar gambar
emoticon menangis, tetapi jika mengklik jawaban yang benar akan ada gambar
emoticon bahagia, maka caranya yaitu berikan animasi masuk dan keluar pada
emoticon bahagianya terlebih dahulu, caranya klik animations – add animation –
pilih more entrance effect untuk animasi masuk – pilih animasi masuk yang mau
digunakan – klik oke. Untuk animasi keluarnya, yaitu klik gambar emoticon bahagianya
terlebih dahulu – kemudian klik animations – add animation – pilih more exit
effect untuk animasi keluar – pilih animasi masuk yang mau digunakan – klik oke.
Kemudian klik pada animations, lalu klik lagi animation pane, lalu cari bintang
berwarna merah yang menggambarkan animasi keluar, maka disana klik bintang
merah tersebut, lalu pada tulisan start yang diatas nanti ubah dari on click
menjadi after previous serta pada delaynya ubah dari 00,00 menjadi 01,00. Lalu
selanjutnya klik home – klik select – klik selection pane, kemudian klik
shape yang tempat tulisan jawaban yang benar dan perhatikan dan ingat nama
shape untuk jawaban yang benar pada selection pane. Sekarang selanjutnya klik animation lagi, klik lagi pada animation pane,
lalu klik sekaligus keduanya untuk bintang hijau dan merah yang menggambar
animasi masuk dan keluar untuk emoticon bahagia dengan cara klik satu
dulu antara animasi masuk dan keluarnya itu, lalu klik “ctrl” pada keyboard
lalu pindahlan mouse ke animasi satunya sehingga akan ke blok kedua animasinya,
baru selanjutnya klik trigger, lalu pilih “on click of”, pilih nama shape untuk
shape yang berisi tulisan jawaban yang benar. Kemudian sekarang, jika ingin
memberikan efek suara, misalnya saat benar ada suara tepuk tangan dan saat
salah ada suara bomb, maka caranya yaitu klik tiap animasi masuk yang berwarna
hijau pada animation pane, maka disana nanti terlihat semua animasi yang
digunakan pada slide untuk quiz pada pertanyaan pertama tersebut. Lalu selanjutnya
klik satu persatu semua animasi masuknya yang berwarna hijau tersebut, yaitu nanti
setakh klik kanan untuk satu animasi berwarna hijau dulu – kemudian pilih
effect option – pilih pada sound yaitu applause untuk jawaban benar dan sound yang
bomb untuk jawaban salah – klik ok. Selanjutnya untuk pengaturan jawaban yang
salah diberikan emoticon sedih, caranya juga sama seperti pemberian emoticon
bahagia, hanya saja yang ditaur nanti pada emoticon sedihnya. Maka setelah itu
itu akan sudah teratur ketika nanti mengklik salah satu shape ABCD yang berisi tulisan
jawaban yang benar, akan otomatis keluar gambar emoticon bahagia dan suara
tepuk tangan yang keluar, sedangkan ketika nanti mengklik salah satu shape ABCD
yang berisi tulisan jawaban yang salah, akan otomatis keluar gambar emoticon
menangis dan suara bomb yang keluar. Jika untuk soal berikutnya, maka pembuat tidak
perlu mengedit kembali dari awal, duplicate saja slide untuk soal nomor 1 tadi
yang sudah di edit tersebut, dengan cara klik kanan pada slide untuk soal nomor
1 yang sudah di edit sebelumnya dan kemudian pilih duplicate slide. Kemudian
misal tadi pada shape di jawaban A benar, maka tinggal dipindahkan tempatya
misalkan soal selanjutnya yang benar di B, maka pindahkan shape yang A ke B dan
yang B ke A, agar nanti ketika mengklik yang B, jawabannya sudah otomatis di
edit menunjukkan jawaban yang benar. Selanjutnya membuat new slide untuk slide yang
membahas rangkuman, disana tidak ada fitur yang menonjol seperti untuk
pembuatan slide menu quiz. Hanya berikan background kemudian setelah itu sesuka
pembuat saja, misal ingin menambahkan shape untuk digunakan sebagai tempat
tulisan rangkuman atau menggunakan text box, jadi sekreatif pembuatnya saja. Kemudian
new slide lagi untuk membuat slide temapt tulisan terimakasih dan juga disana
penulis menambahkan shape yang bertuliskan “end” yang kemudian diatur
hyperlinknya dengan klik insert – action – hyperlink to – pilih end show. Kemudian
juga disetiap slide untuk menu quiz dan rangkuman ini diberikan shape dengan
tulis “back” dan “next” yang sudah diatur pada fitur hyperlinknya. Dimana pada
slide mengenai quiz, yaitu apabila berada pada awal slide untuk menu quiz, maka shape
bertulis “back” diarahkan ke slide menu dan shape bertulis “next” diarahkan ke
slide selanjutnya. Untuk di slide pertengahan, yaitu dari slide kedua pada
slide mengenai menu quiz, maka shape bertulis “back” diarahkan menuju slide
sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide selanjutnya. Namun jika
berada diakhir slide, maka shape bertulis “back” diarahkan menuju slide
sebelumnya dan shape bertulis “next” diarahkan ke slide menu untuk menuju
pilihan berikutnya. Dan pada slide mengenai rangkuman “back” diatur
hyperlinknya untuk diarahkan ke slide menu dan “next” diatur hyperlinknya untuk
diarahkan ke slide selanjutnya atau slide yang berisikan tulisan terimakasih. Dan juga ditiap slide juga diberikan
shape berbentu “x” yang diletakkan di pojokan kanan atas, dimana shape “x”
tersebut dihyperlink dengan memilih “end show” pada hyperlink, yang artinya
setiap megklik tanda “x” itu maka akan megakhiri slide show powerpointnya,
kecuali pada slide terimakasih yang sudah diberikan shape tulisan end yang juga
hyperlinknya diatur mengarahkan ke “end show”.
Pelaksanaan
kegiatan pelatihan tutorial online yang kedua ini, dimana memberikan tutorial
mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint
interaktif, yang diadakan pada Kamis, 22 Juli 2021 ini berjalan dengan baik dan
terarah juga dengan baik dan semua masyarakat sasaran mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan penulis dengan baik. Ketika ada hal yang kurang
dimengerti, masyarakat sasaran tidak enggan untuk bertanya pada zoom meeting dan juga masyakarat sasaran
selalu menjawab dengan baik dan cepat pertanyaan yang penulis ajukan dan
memberikan respon yang baik juga, sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan
tutorial online yang kedua kali ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.
Berikut ini saya lampirkan link untuk melihat gabungan materi kegiatan pelaksanaan tutorial online 1 dan 2 beserta dokumentasi kegiatan tutorial online pada pelaksanaan tutorial online 2 dengan masyarakat sasaran, yang juga berisikan dokumentasi tahapan pembuatan powerpoint interaktif pada pelatihan kedua yang diajarkan pada masyarakat sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali melalui zoom meeting:
https://drive.google.com/drive/folders/1QN7dhKt89FhEp56A1xeut0YCyNK3exGh?usp=sharing