Pelatihan Penggunaan Fitur Dalam Aplikasi Google Classroom

Telah dilaksanakan pelatihan penggunaan fitur - fitur pada Google Classroom yang dilaksanakan secara semi daring. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 29 Juli 2021 sampai dengan 30 Juli 2021, yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Desa Pancasari yang berjumlah 5 orang siswa. 

Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan kepada siswa SMP Desa Pancasari sudah hampir rampung dilaksanakan. Setelah 3 kali pertemuan selama 3 minggu yang bertujuan memberikan sosialisasi sebelum pelatihan dilaksanakan agar siswa dapat memahami dengan betul aplikasi yang akan digunakan sebelum beranjak ke cara penggunakan fitur. 

Setelah pemberian materi yang dilaksanakan secara daring melalui media whatsapp selama 3 kali pertemuan, untuk kegiatan lanjutan kali ini yang merupakan tujuan utama dibentuknya program sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat dilaksanakan secara semi daring. Mengapa hal tersebut dilakukan,  karena mengingat apabila pelatihan hanya dilakukan secara online tetapi masih ada beberapa siswa yang belum paham betul mengenai cara penggunaan aplikasinya. Walaupun kegiatan dilaksanakan dengan semi daring, namun saat pelaksanaan kegiatan secara luring dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif. 

Pelatihan dilaksanakan secara semi daring dari tanggal 29 Juli 2021 sampai 30 Juli 2021. Dimana pelaksanaan pelatihan secara daring dilakukan dengan mahasiswa mengirimkan vidio tutorial cara penggunaan fitur dalam aplikasi Google Classroom kepada siswa melalui grup whatsapp. Untuk pelaksanaan pelatihan secara luring sendiri dilaksanakan pada tangga 30 Juli 2021 yang dilaksanakan di salah satu kediaman siswa yang menjadi masyarakat sasaran ini. Pelaksanaan pelatihan secara luring ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk tetap mejaga kesehatan bersama dimulai dari memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitaizer, dan menjaga jarak. Untuk pelatihan secara luring ini juga sudah mendapatkan izin dari orang tua siswa untuk dilaksanakan secara luring namun hanya dalam waktu yang singkat. Pelaksanaan dimulai dengan menjelaskan kembali secara singkat hal yang belum dipahami dan memberikan cara yang tepat dalam penggunaan aplikasi tersebut,  kegiatan kurang lebih dilaksanakan selama 45 menit untuk memberikan materi dan pelatihan langsung kepada siswa. Dalam pelatihan ini siswa sangat merasa tertarik dan semangat dalam mengikuti kegiatan  ditengah kesibukan belajar mereka yang sudah mulai dilaksanakan minggu ini, karena dengan diadakannya pelatihan ini siswa dapat mengetahui dengan baik dan benar mengenai cara penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran daring yaitu Google Classroom di masa pandemi ini.

Tentang Penulis