Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran (Microsoft Word)

Kegiatan pelatihan penggunaan media pembelajaran (microsoft word) ini diawali dengan pengenalan awal dari microsoft word.Setelah pengenalan, kegiatan selanjutnya adalah praktik langsung menggunakan microsoft word.Kegiatan ini dilakukan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang dilakukan mulai pukul 13.45-17.00 wita. Tujuan diadaknnya kegiatan pelatihan penggunaan microsoft word ini adalah agar siswa mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai microsoft word, kegunaannya serta cara pengoperasian microsoft word.Hal itu dimaksudkan agar mereka mampu untuk mengikuti arus globalisasi yang kini kian marak diera modern.Program pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi generasi muda sejak dini agar selalu mau untuk mengeksplor kemampuan pribadi mereka masing-masing terutama dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Minimnya pengetahuan mengenai penggunaan microsoft word, kurangnya media pengajar disekolah seperti guru dan komputer serta tidak adanya pelajaran pelatihan komputer menjadi alasan siswa SD di Desa Padangbulia tidak dapat menggunakan microsoft word. Oleh Karena itu kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh masyarakat sasaran (siswa).

Kegiatan pelatihan penggunaan media pembelajaran diawali dengan mengingatkan sedikit materi tentang pengenalan awal microsoft word yang sudah dijelaskan sebelumnya pada grup whatsapp. Sebelum memulai praktik menggunakan microsoft word, penulis menjelaskan fungsi dari tab-tab yang ada pada microsoft word yaitu file,home,insert,design,layout,refrences,mailings,review serta view. Setelah itu siswa bisa langsung mencoba praktik  sambil penulis tetap menjelaskan dasar-dasar cara penggunaan microsoft word.Hal pertama yang diajarkan adalah membuat, membuka serta menyimpan dokumen pada microsoft word, setelah dicontohkan siswa langsung mencoba mempraktikkan yang diajarkan. Setelah dirasa semua siswa bisa, penulis melanjutkan menjelaskan materi selanjutnya. Seperti itu metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, penulis menjelaskan dan memberikan contoh setelah itu siswa langsung mempraktikkan.

Setelah semua materi dijelaskan dan dipraktikkan, penulis mengadakan quiz untuk melihat hasil belajar dari siswa. Dalam quiz ini siswa diminta untuk mengetik cerita pada buku yang sudah disediakan penulis serta siswa diminta untuk membuat jadwal pelajaran di sekolahnya.

Tentang Penulis