Pemberian Materi dan Edukasi Kepada Masyarakat Sasaran Tentang Penularan dan Upaya Pencegahan Covid-19.

KAMIS, 9 JULI 2020

Setelah mempersiapkan materi tentang penularan dan upaya pencegahan pandemi covid-19, kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran dan membagikan materi yang telah saya siapkan dalam bentuk file pdf dan power poit yang disampaiakan melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah informasi, pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat sasaran dalam beraktivitas sehari-hari dimasa pandemi covid-19 yang penyebarannya sangat cepat dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Dengan edukasi serta materi yang diberikan, diharapkan mampu membantu masyarakat sasaran khususnya di Desa Sawe Mundukwaru Jembrana dalam menyikapi persoalan yang dihadapi. Materi yang telah saya siapkan menyesuaikan dengan peta persoalan masyarakat sasaran, yaitu kurangnya pengetahun masyarakat sasaran terkait upaya pencegahan pandemi covid-19. Dalam memberikan edukasi, ada pun empat tahapan yang saya lakukan.

  • Tahap yang pertama adalah mengonfirmasi dan memastikan masyarakat sasaran, apakah mereka sedang dalam jaringan/online atau tidak.
  • Tahap yang kedua, yaitu mengirim atau menyajikan materi edukasi berupa file pdf yang disertai dengan power poit melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.
  • Tahap yang ketiga, meminta masyarakat sasaran untuk mecermati dan memahami file pdf serta power poin yang telah dikirim. Hal ini, selain untuk meningkatkan daya pikir masyarakat sasaran, juga mampu meningkatkan minat baca mayarakat sasaran untuk memperoleh informasi terkait dengan penularan dan cara pencegahan pandemi covid-19.
  • Tahap keempat, yaitu tahap terakhir yang saya lakukan adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti terkait upaya pencegahan pandemi covid-19.

Edukasi yang saya lakukan, telah berlangsung pada tanggal 9 Juli 2020 pukul 11.38 WITA-13.20 WITA.  Dalam pemberian edukasi, terlihat bahwa respon dan antusias masyarakat cukup baik dan masyarakat sasaran merasa bahwa meraka sangat terbantu dengan adanya edukasi yang diberikan tentunya dalam memerangi pandemi covid-19. Selain itu tidak ada hal yang dipertanyakan oleh masyarakat sasaran. Maka dari itu, saya meminta kepada masyarakat sasaran untuk menerapkan apa yang telah saya berikan dan menyarankan agar selalui mengunakan masker apabila berada di temapat umum  atau keramian.   

Materi edukasi tentang penularan dan upaya pencegahan covid-19 berupa file pdf dan power poit dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1VbmyGWV9ptYwQfAGB6Rd9Wav-jssU6mV/view?usp=drivesdk 

https://drive.google.com/file/d/1VWgX8kaNc4e5yiY-L-sPzj1rck4XvPoL/view?usp=drivesdk