Penanggulangan Rabies dan Penanggulangan Stunting di Wantilan Desa Belandingan

Kegiatan Minggu Ke-4: Program Kerja Rabies dan Stunting di Wantilan Desa Belandingan

Pada tanggal 26 Juli 2023 sampai 27 Juli 2023, kami bersama tim KKN Desa Songan A melaksanakan sejumlah kegiatan yang berfokus pada Program Kerja Rabies dan Stunting di Wantilan Desa Belandingan.

Rabies adalah penyakit menular yang sangat serius yang disebabkan oleh virus rabies. Virus ini biasanya ditularkan melalui gigitan atau kontak langsung dengan saliva hewan yang terinfeksi, terutama anjing, kucing, dan hewan liar lainnya. Rabies memengaruhi sistem saraf pusat dan jika tidak diobati, hampir selalu berakhir dengan kematian. dan Stunting adalah masalah kesehatan kronis yang terjadi pada anak-anak sebagai akibat dari malnutrisi kronis dan kurangnya gizi yang memadai selama masa pertumbuhan mereka, terutama pada dua tahun pertama kehidupan. Dampak utama stunting adalah pertumbuhan fisik yang terhambat, yang menyebabkan anak-anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari yang seharusnya sesuai dengan usia mereka. disini kami mengambil program kerja ini karena sangat penting bagi masyarakat desa, karena banyaknya peliharaan atau anjing maupun hewan liar yang ada di desa. Pencegahan rabies sangat penting dan melibatkan vaksinasi hewan peliharaan, menghindari kontak dengan hewan liar yang tidak dikenal, dan mencuci luka gigitan dengan sabun dan air selama 15 menit serta segera mencari perawatan medis. sedangkan untuk stunting, Upaya pencegahan stunting melibatkan asupan gizi yang memadai selama kehamilan dan periode menyusui, serta memberikan makanan bergizi kepada anak-anak selama tahun-tahun pertumbuhan mereka. Ini juga melibatkan edukasi orang tua tentang pentingnya nutrisi yang tepat dan perawatan kesehatan anak-anak. Penting untuk diingat bahwa stunting dapat memiliki dampak seumur hidup, oleh karena itu, tindakan pencegahan yang dini sangatlah penting.

1. Kunjungan ke Wantilan Desa belandingan tanggal 26 Juli Pukul 10:00 - 11:00 WITA

Pagi menjelang Siang hari kami memulai kegiatan KKN dengan kunjungan ke Wantilan Desa Belandingan. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk berinteraksi dengan masyarakat mengenai program kerja, disana kami melakukan persiapan mengenai program kerja yang akan dilaksanakan yaitu Program Kerja Rabies dan Stunting. Kegiatan ini dilakukan agar berjalannya acara atau program kerja agar tidak terjadinya kendala yang sangat merugikan baik dari pihak KKN maupun masyarakat desa.

2. Penyuluhan Rabies dan Stunting tanggal 27 juli 2023 Pukul 9:00 - 13:00 WITA

Setelah melakukan kunjungan ke Wantilan Desa Belandingan, disini kami melanjutkan program kerja dengan melaksanakan penyuluhan Rabies dan Stunting di Wantilan. Rangkaian kegiatan ini bertujuan berinteraksi dengan masyarakat, disana kami melakukan penyuluhan mengenai Rabies dan Stunting, membantu perangkat Puskesmas dengan tujuan mahasiswa KKNT Songan A serta masyarakat mendapatkan pengajaran serta pengalaman dalam program kerja ini.

Tentang Penulis