Tanggapan Bencana/ Pengurangan Resiko Bencana

Kegiatan Minggu Ke-1: Program Kerja Tanggapan Bencana/ Pengurangan Resiko Bencana.

Pada tanggal 13 Juli 2023 sampai 15 Juli 2023, kami bersama tim KKN Desa Songan A melaksanakan sejumlah kegiatan yang berfokus pada Program Kerja Tanggapan Bencana/ Pengurangan Resiko Bencana.

Pengurangan risiko bencana (PRB) adalah serangkaian tindakan dan strategi yang dirancang untuk mengurangi dampak negatif bencana alam atau bencana terkait manusia pada masyarakat, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan utama dari pengurangan risiko bencana adalah melindungi nyawa manusia, mengurangi kerusakan properti, dan meminimalkan dampak jangka panjang dari bencana tersebut. Pengurangan risiko bencana adalah upaya berkelanjutan yang memerlukan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, organisasi nirlaba, dan sektor swasta. Dengan kesadaran dan upaya bersama, kita dapat mengurangi kerentanan kita terhadap bencana dan melindungi komunitas kita dari dampak yang merusak. alasan kami mengambil program kerja ini adalah karena daerah songan ini sangat rawan akan bencana, dekatnya gunung batur yang rawan erupsi, serta tanah longsor yang bisa terjadi kapan saja.

1. Observasi ke SD Negeri 1 dan 4 Songan pada tanggal 13 Juli Pukul 8:00 - 10:00 WITA

Pagi hari kami memulai kegiatan KKN dengan melakukan observasi ke SD Negeri 1 dan 4 Songan. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk berinteraksi dengan perangkat sekolah mengenai program kerja, disana kami melakukan persiapan mengenai program kerja yang akan dilaksanakan yaitu Program Kerja Tanggapab Bencana/ Pengurangan Resiko Bencana. Kegiatan ini dilakukan agar berjalannya acara atau program kerja agar tidak terjadinya kendala yang sangat merugikan baik dari pihak KKN maupun perangkat sekolah.

2. Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana  tanggal 15 juli 2023 Pukul 9:00 - 11:00 WITA

Setelah melakukan observasi ke SD Negeri 1 dan 4 Songan, kami melakukan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana. Rangkaian ini bertujuan untuk berinteraksi dengan siswa/ siswi yang ada di SD Negeri 1 dan 4 Songan mengenai Sosialisasi mengenai pentingnya pengurangan resiko bencana. diiringi dengan sesi tanya jawab agar pahamnya siswa/siswi akan sosialisasi yang dijelaskan oleh Mahasiswa KKNT Songan A. 


Tentang Penulis