Pengembangan Pariwisata

Kegiatan Minggu Ke-5: Melaksanakan Program Pengembangan Pariwisata.

Pada tanggal 5 Agustus 2023 samai dengan tanggal 16 Agustus 2023, kami bersama tim KKN Desa Songan A melaksanakan sejumlah kegiatan yang berfokus pada Pelaksanaan Pengembangan Pariwisata.

Pengembangan pariwisata adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi, sosial, dan budaya suatu daerah melalui promosi, pemeliharaan, dan diversifikasi atraksi pariwisata. Hal ini melibatkan sejumlah langkah strategis yang dirancang untuk menarik wisatawan, memperbaiki infrastruktur, dan meningkatkan pengalaman pengunjung. Alasan kami mengambil Program Kerja Pengembangan Pariwisata karena sangat cocok dengan tempat-tempat pariwisata yang ada di desa songan, karena banyaknya tamu dari luar negeri maupun dalam negeri yang datang berkunjung menikmati indahnya alam serta banyaknya tempat-tempat pariwisata, dengan adanya program ini dengan bertujuan meningkatkan pariwisata yang ada di desa songan, dimulai dari:

  1. Pemandangan Danau Batur, danau terbesar di Bali dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kintamani.

  2. Patung Dewi Danu yang dibangun di atas Batu Padas, di pinggir Danau Batur. Sosok Dewi Kemakmuran ini terlihat berdiri di atas naga dan ikan mujair yang menjadi ciri khas Danau Batur.

  3. Objek Wisata Tur Panjat Tebing di Kintamani Bangli Bali, selain menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, tebing ini juga memiliki tingkat kesulitan jalur yang sangat bervariasi sehingga cocok untuk semua kalangan.

  4. Glamping, dilengkapi dengan suasana alam desa seperti pemandangan yang bisa dinikmati semua wisatawan serta dengan udara yang sejuk sangat cocok untuk glamping di desa ini.

  5. Mount Batur Jeep Adventure mengantarkan anda berkeliling desa yang ada di Gunung Batur, akan dibuat kagum akan pesona dari Gunung Batur dari kawasan Black Lava Batur Bali.

  6. Pemandian Air Panas, memiliki mata air panas alami yang dimanfaatkan sebagai tempat pemandian desa wisata. Selain pengunjung berwisata, tempat ini sekaligus digunakan untuk terapi tubuh. Di sini para pengunjung dapat berendam di air panas sambil menikmati pemandangan yang indah.

  7. Tak lupa juga terdapat makanan yang sangat khas dimiliki oleh Desa Songan ini yaitu Ikan Mujair Nyat-Nyat, Ikan ini banyak ditemukan di Danau Batur sehingga menjadi salah satu olahan favorit masyarakat disini.

Pagi hari kami memulai kegiatan KKN dengan melakukan observasi ke tempat-tempat objek pariwisata yang ada di Desa Songan. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui di mana saja tempat pariwisata yang ada di desa, lalu meminta izin dengan pemilik objek pariwisata untuk melakukan pengambilan video. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk merumuskan rencana kegiatan KKN yang lebih tepat sasaran dan berdaya guna bagi pengembangan pariwisata yang ada di Desa Songan.


Tentang Penulis