Pendampingan (Monitoring) Kepada Masyarakat Sasaran dari Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dalam Proses Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Powerpoint Interaktif

            Setelah memberikan pelatihan tutorial online mengenai cara membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif, dimana pelatihan tutorial online ini dilaksanakan sebanyak 2 kali. Maka setelah memberikan pelatihan, penulis meminta seluruh masyarakat sasaran untuk membuat sebuah powerpoint interaktif yang dibuat semenarik mungkin sesuai dengan kreasi dan kreativitas dari masyarakat sasaran itu sendiri dan tetap berlandaskan juga dengan contoh yang telah diberikan ketika pelatihan tutorial online. Dimana disini penulis meminta satu orang masyarakat sasaran hanya membuat satu powerpoint interaktif saja dan nanti akan dipresentasikan hasilnya pada zoom meeting. Hal inipun juga sudah penulis informasikan ketika kegiatan sosialisasi dan dipertemuan minggu sebelumnya saat kegiatan pelatihan tutorial online kedua, hal ini agar masyarakat sasaran tidak terkejut jika ada kegiatan atau informasi yang mendadak, karena setiap masyarakat sasaran memiliki kesibukannya tersendiri. Sehingga sudah dari awal harus diberitahukan agar masyarakat sasaran bisa mepersiapkan dirinya dalam pembuatan powerpoint interaktif ini.

            Pada Senin, 26 Juli 2021 sampai dengan Rabu, 28 Juli 2021 penulis melakukan pendampingan (monitoring) kepada masyarakat sasaran yang berprofesi sebagai guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, yaitu memberikan pendampingan (monitoring) dalam proses pembuatan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif yang sedang masyarakat buat sebagai hasil evaluasi dari program yang penulis berikan sebagai solusi untuk permasalahan yang dihadapi masyarakat sasaran yang berprofesi sebagai guru SD dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Dimana untuk kegiatan pendampingan (monitoring) ini dilakukan penulis melalui Whatsapp Grup. Pendampingan (monitoring) ini bertujuan untuk mengamati atau mengetahui  perkembangan dan kemajuan, identifikasi dan permasalahan serta antisipasinya atau upaya pemecahan yang dapat diberikan kepada masyarakat sasaran selama proses pembuatan powerpoint interaktif ini. Sehinga hasil powerpoint interaktif yang dibuat oleh guru, sebagai hasil evaluasi dari program pelatihan tutorial online mengenai cara membuat dan menggunakan powerpoint interaktif dapat membuahkan hasil yang baik.

            Kegiatan pendampingan (monitoring) pertama dilakukan pada Senin, 26 Juli 2021, yaitu pada saat itu penulis memberikan informasi kembali kepada masyarakat sasaran pada Whatsapp Grup untuk seluruh masyarakat sasaran setiap orangnya membuat satu buah powerpoint interaktif, memberikan informasi mengenai bahwa powerpoint interaktif yang dibuat masyarakat sasaran ini terakhir dikumpul pada Rabu, 28 Juli 2021, memberikan informasi mengenai powerpoint interaktif yang dibuat ini nantinya masyarakat sasaran presentasikan melalui zoom meeting pada Kamis, 29 Juli 2021, dan terakhir penulis menginformasikan bahwa jika terdapat kendala yang dihadapi masyarakat sasaran dalam proses pembuatan powerpoint interaktif ini, maka masyarakat sasaran bisa menanyakannya langsung pada Whatsapp Grup dan akan penulis respon secepat mungkin. Kemudian 6 orang masyarakat sasaran merespon dan beberapa ada yang merespon sudah ada yang mulai membuat powerpoint interaktifnya ini dan masih dalam proses pembuatan, ada juga yang merespon masih menyusun materi yang akan dibahas pada powerpoint inetarktif tersebut, dan ada juga yang merespon masih belum mulai membuat powerpoint interaktifnya tersebut. Lalu 6 orang masyarakat sasaran tersebut merespon bahwa belum ada kendala saat itu dalam proses pembuatan powerpoint interaktifnya. Dan dari 7 orang masyarakat sasaran, maka 1 orang masyarakat sasaran saja yang tidak merespon, tetapi secara chat pribadi melalui Whatsapp, masyarakat sasaran tersebut memberitahu penulis bahwa masyarakat sasaran tersebut tidak akan sering merespon di Whatsapp Grup selama kegiatan monitoring, dikarenakan masyarakat sasaran sedang ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, tetapi masyarakat tersebut menginformasikan bahwa akan tetap membuat powerpoint interaktifnya tersebut.

            Kegiatan pendampingan (monitoring) kedua dilakukan pada Selasa, 27 Juli 2021, yaitu pada saat itu penulis bertanya pada masyarakat sasaran untuk powerpoint interaktif yang dibuat sudah sampai mana proses pembuatannya dan bertanya kembali mengenai apakah ada atau tidaknya kendala yang sedang dihadapi masyarakat sasaran selama proses pembuatan powerpoint interaktif ini. Kemudian 6 orang masyarakat sasaran merespon, yaitu sebagian besar sudah sampai dengan pembuatan slide mengenai penjelasan menu materi. Untuk kegiatan pendamipingan (monitoring) yang kedua kalinya ini, ada 2 orang masyarakat sasaran yang bertanya, yaitu pertama bertanya mengenai ”apakah bisa menggunakan background yang sama untuk semua slide ataupun mendownload template ppt di google?”, dimana kemudian penulis merespon “bahwa boleh menggunakan background yang sama untuk semua slide ataupun mendownload template ppt di google, yang penting disini seperti penggunaan hyperlink dan triggernya itu bisa diaplikasikan dengan baik di powerpoint interaktif yang dibuat, karena kedua fitur tersebut digunakan agar powerpoint yang dibuat menjadi interaktif dalam proses pembelajaran serta powerpoint interaktif yang dibuat bisa disesuaikan dengan kreativitas masyarakat itu sendiri dan dibuat semenarik mungkin dan tentunya disesuaikan juga dengan materi yang dibahas”. Pertanyaan kedua, yaitu menanyakan mengenai “cara menggunakan fitur hyperlink dan menanyakan apakah untuk hyperlink yang digunakan pada next dan back atau yang lainnya ditujukan kearah manapun itu bebas dan disesuaikan dengan keinginan pembuatnyakan?”, dimana kemudian penulis merespon “cara menggunakan hyperlink yang dijelaskan masyrakat sasaran tersebut sudah benar, adapun caranya yang lebih jelas, yaitu klik shape yang ada tulisannya dan yang ingin diberi hyperlink, setelah itu cari di insert, lalu di insert tersebut cari action dan klik action, kemudian pilih hyperlink to, lalu disana nanti ada banyak pilihan, jadi bisa pilih mau diarahkan kemana hyperlink untuk shape berisi tulisan tersebut, disana nanti ada next slide, previous slide, end show, slide ... (yang ini artinya nanti diarahkan ke slide mana maunya), dan masih banyak lagi. Dan untuk pemberian hyperlink untuk next dan back ataupun yang lainnya itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sasaran itu sendiri, jadi bebas. Dan 4 masyarakat sasaran lainnya tidak ada yang bertanya dan merespon bahwa masih belum menemui kendala untuk saat itu. Dari 7 orang masyarakat sasaran, maka 1 orang masyarakat sasaran saja yang tidak merespon, karena sedang ada kesibukan.

            Kegiatan pendampingan (monitoring) ketiga dilakukan pada Rabu, 28 Juli 2021, yaitu pada saat itu penulis menginformasikan bahwa pengumpulan powerpoint interaktifnya ini hari ini terakhir, yaitu pada Rabu, 28 Juli 2021 dan akan penulis tunggu sampai malam dan penulis juga menginformasikan jika terdapat kendala dalam proses pembuatan powerpoint interaktifnya, maka masyarakat sasaran bisa bertanya langsung pada Whatsapp Grup. Dan respon yang diberikan, yaitu beberapa masyarakat sasaran ada yang mengatakan sudah selesai dan nanti akan dikirimkan dan ada juga yang merespon powerpoint interaktif yang dibuat hampir selesai dan nanti ketika sudah selesai akan langsung dikimkan. Dan untuk kegiatan pendampingan (monitoring) ketiga ini, 6 masyarakat sasaran merespon bahwa tidak ada kendala yang dihadapi. Dari 7 orang masyarakat sasaran, maka 1 orang masyarakat sasaran saja yang tidak merespon, tetapi masyarakat sasaran tersebut mengirimkan hasil powerpoint interaktif yang telah dibuatnya tersebut. Dan pada Rabu, 28 Juli 2021 tersebut semua 7 orang masyarakat sasaran mengirimkan hasil powerpoint interaktif yang telah dibuatnya.

Pelaksanaan kegiatan pendampingan (monitoring) yang diadakan dari Senin, 26 Juli 2021 sampai dengan Rabu, 28 Juli 2021 ini berjalan dengan baik dan terarah juga dengan baik dan semua masyarakat sasaran memberikan respon yang baik juga, masyarakat sasaran juga berani bertanya jika memang terdapat kendala atau masalah yang dihadapi selama proses pembuatan, dan semua masyarakat sasara juga mengirimkan hasil powerpoint interaktif yang telah dibuatnya tepat waktu, sehingga pelaksanaan kegiatan pendampingan (monitoring) ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.

 

Berikut ini saya lampirkan link untuk melihat dokumentasi pelaksanaan kegiatan pendampingan (monitoring) kepada masyarakat sasaran di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali:

https://drive.google.com/drive/folders/1vkuC_6qB4YxuGG9zqCuUH_xEK7TKtxhC?usp=sharing

Tentang Penulis