Penyebaran Materi Pembelajaran kepada Orang Tua Siswa
- Oleh Kadek Dwi Dharmapatni Rahendra
- Thursday 30/07/2020
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Program utama yang saya jalankan
pada KMbD ini adalah membantu mengarahkan orang tua siswa agar mampu membantu
proses pembelajaran putra/putri mereka utamanya dalam proses pembelajaran
Bahasa Inggris. Diharapkan orang tua siswa dapat memanfaatkan kemampuannya
dalam berbahasa Inggris mengingat lokasi tempat tinggalnya yang berada di
kawasan wisata sehingga mengajarkan Bahasa Inggris dasar pada anak bukanlah
menjadi hal yang sulit. Namun, orang tua siswa kesulitan menentukan materi apa
yang harus diajarkan dan bagaimana cara mengajarkannya pada anak karena mereka
tidak memiliki dasar kependidikan. Disinilah peran saya untuk membantu
menentukan materi ajar dan cara pengajaran yang tepat untuk anak usia sekolah
dasar.
Dalam program ini, pertama-tama saya
menjelaskan bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris dasar pada anak dengan
melakukan panggilan telepon dengan masysrakat sasaran untuk mengurangi
frekuensi pertemuan secara langsung. Ada lima materi utama yang saya bagikan
pada program ini yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, benda yang berada di dapur,
benda yang berada di kamar tidur, dan bagian-bagian tubuh. Tujuan yang ingin
saya raih adalah meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah dasar dalam konteks
mengetahui bahasa Inggris dari suatu benda atau kata yang sering disebut dengan
vocabulary. Materi saya bagikan
setiap hari Selasa dan Jumat sehingga orang tua siswa dapat mengajarkan satu
materi dalam kurun waktu tiga hari.
Adapun permasalahan yang saya temui
adalah sedikitnya waktu bertemu antara orang tua dan siswa karena siswa lebih
banyak melakukan kegemarannya yaitu bermain layang-layang. Namun hal itu dapat
teratasi dengan merubah waktu belajar menjadi pada pagi hari sebelum anak-anak
bermain dan sore hari setelah waktu bermain. Peningkatan yang dirasakan orang
tua siswa adalah putra/putri mereka menjadi lebih terbiasa menggunakan Bahasa
Inggris dan dapat menyebuutkan benda-benda yang telah diajarkan dalam Bahasa
Inggris dengan lancar.
Kegiatan selanjutnya yang akan
dilaksanakan adalah evaluasi terhadap perkembangan guru sekolah dasar dan
perkembangan siswa usia sekolah dasar yang akan dilaksanakan pada minggu
terakhir pelaksanaan KMbD.