Pertemuan Ke-3: Edukasi Penggunaan Media Belajar E-Learning (Quizizz) saat Pandemi.
- Oleh Kadek Agus Prayoga
- Wednesday 15/07/2020
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Pertemuan Ke-3: Edukasi Penggunaan
Media Belajar E-Learning (Quizizz) Saat
Pandemi.
Lokasi kegiatan : Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng,
Kabupaten Buleleng,Bali.
Rincian kegiatan : Pengenalan fitur dalam Quizizz, Bermain bersama dengan aplikasi
Quizizz
Pada
tanggal 15 Juli 2020 telah dilakukan pertemuan ketiga tentang edukasi penggunaan media E-Learning yaitu Qizizz,
kegiatan ini merupakan lanjutan tahap kedua dari 3 kegiatan
inti yaitu pengenalan, pengedukasian penggunaan oleh siswa dan pengedukasian
pembuatan materi oleh pendidik (guru). Pada
kegiatan tanggal 15 Juli tersebut hanya berfokus membahas tentang edukasi
penggunaan aplikasi Quizizz, untuk
aplikasi E-Learning kedua yaitu kahood rencananya akan di bahas pada pertemuan ke-4.
Untuk
kegiatan ke-3 ini saya lakukan dengan bertatap buka secara langsung dengan
mitra karena kegiatan yang dilakukan berupa pemberian edukasi, rasanya
akan kurang efektif jika pemberian edukasi penggunaan aplikasi tersebut dilakukan
secara daring. Pertemuan ke-3 ini khusus
pemberian edukasi kepada siswa, untuk pemberian edukasi kepada pendidik (guru)
rencananya akan dilakukan pada pertemuan ke-5 nanti. Untuk rincian kegiatan
yang dilakukan pada pertemuan ke-3 tersebut adalah pertama mengumpulkan masyarakat
sasaran, selanjutnya setelah semua berkumpul kegiatannya adalah menjelaskan
secara singkat tentang aplikasi terkait, setelah dirasa semuanya mengerti
dilanjutkan dengan pengenalan fitur yang yang ada dalam aplikasi mulai dari
cara memasukkan kode jika ingin bermain secara live kemudian cara mencari soal
dan juga cara bermainnya.
Setelah
pemberian materi dirasa cukup, selanjutnya adalah bermain
dengan aplikasi terkait (Quizizz) dengan
masyarakat sasaran. Sebelum pertemuan saya telah membuat dan menyiapkan 2 buah kuis, pertama tentang Pencegahan Covid-19 dan kedua adalah kuis tentang Pengetahuan umum. Saat
bermain antusias mitra sasaran sangat
tidak terduga karena mereka sangat menikmati permainan. Hal tersebut dapat
diliat saat mereka saling tertawa jika ada salahsatu dari mereka salah menjawab
soal, bahkan salah satu dari mereka memanggil seorang teman untuk diajak ikut
bermain sehingga sebelumnya hanya 4 orang masyarakat sasaran menjadi 5 orang. Selain itu saat kuis yang saya buat yang berjumlah telah 2
telah terpakai mereka masih ingin bermain, hal tersebut membuat saya kewelahan
dan mencoba menggunakan soal yang disediakan di beranda aplikasi Quizizz. Pertemuan ke-3 tersebut
berlangsung melebihi waktu perkiraan,
awalnya pertemuan tersebut rasa rencanakan hanya 1 jam, tetapi faktanya
pertemuan tersebut berlangsung selama 2 jam lebih. Walaupun berlangsung lama mereka tampak
tidak bosan dan ingin pada pertemuan
selanjutnya lagi bermain seperti itu ditambah mereka meminta hadiah jika mendapat ranking pertama dalam kuis.
Pertemuan tersebut berlangsung sangat lancar dan terima baik masyarakat sasaran dan juga oleh orang tua mitra, bahkan orang tua dari siswa mengatakan jika mereka jarang melihat salah satu anak (yang memakai baju merah dengan masker hijau tua dalam foto bersama di slide ke-8) berbaur dan terawa bersama dengan temannya selain saat kuis yang saya adakan tersebut.