Pertemuan Ke-3: Edukasi Penggunaan Media Belajar E-Learning (Quizizz) saat Pandemi.

Pertemuan Ke-3: Edukasi Penggunaan Media Belajar E-Learning (Quizizz) Saat Pandemi.

Lokasi kegiatan  : Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng,Bali.

Rincian kegiatan : Pengenalan fitur dalam Quizizz, Bermain bersama dengan aplikasi Quizizz

 

Pada tanggal 15 Juli 2020 telah dilakukan pertemuan  ketiga tentang edukasi penggunaan media E-Learning  yaitu Qizizz,  kegiatan ini  merupakan lanjutan tahap kedua dari 3 kegiatan inti yaitu pengenalan, pengedukasian  penggunaan oleh siswa dan pengedukasian pembuatan materi oleh pendidik (guru).  Pada kegiatan tanggal 15 Juli tersebut hanya berfokus membahas tentang edukasi penggunaan aplikasi Quizizz, untuk aplikasi E-Learning kedua yaitu kahood rencananya akan di bahas  pada pertemuan ke-4.

Untuk kegiatan ke-3 ini saya lakukan dengan bertatap buka secara langsung dengan mitra  karena  kegiatan  yang dilakukan berupa pemberian edukasi, rasanya akan kurang efektif jika pemberian edukasi penggunaan aplikasi tersebut dilakukan secara daring. Pertemuan ke-3  ini khusus pemberian edukasi kepada siswa, untuk pemberian edukasi kepada pendidik (guru) rencananya akan dilakukan pada pertemuan ke-5 nanti. Untuk rincian kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ke-3 tersebut adalah pertama mengumpulkan masyarakat sasaran, selanjutnya setelah semua berkumpul kegiatannya adalah menjelaskan secara singkat tentang aplikasi terkait, setelah dirasa semuanya mengerti dilanjutkan dengan pengenalan fitur yang yang ada dalam aplikasi mulai dari cara memasukkan kode jika ingin bermain secara live kemudian cara mencari soal dan juga cara bermainnya.

Setelah pemberian  materi  dirasa cukup, selanjutnya adalah bermain dengan aplikasi terkait (Quizizz) dengan masyarakat sasaran. Sebelum pertemuan saya telah membuat dan menyiapkan  2 buah kuis,  pertama tentang Pencegahan Covid-19 dan  kedua adalah kuis tentang Pengetahuan umum. Saat bermain antusias mitra sasaran  sangat tidak terduga karena mereka sangat menikmati permainan. Hal tersebut dapat diliat saat mereka saling tertawa jika ada salahsatu dari mereka salah menjawab soal, bahkan salah satu dari mereka memanggil seorang teman untuk diajak ikut bermain sehingga sebelumnya hanya 4 orang masyarakat sasaran  menjadi 5 orang. Selain itu saat  kuis yang saya buat yang berjumlah telah 2 telah terpakai mereka masih ingin bermain, hal tersebut membuat saya kewelahan dan  mencoba menggunakan  soal yang disediakan di beranda aplikasi Quizizz. Pertemuan ke-3 tersebut berlangsung melebihi waktu perkiraan,  awalnya pertemuan tersebut rasa rencanakan hanya 1 jam, tetapi faktanya pertemuan tersebut berlangsung selama 2 jam  lebih. Walaupun berlangsung lama mereka tampak tidak bosan dan  ingin pada pertemuan selanjutnya lagi bermain seperti itu ditambah mereka meminta hadiah  jika mendapat ranking pertama dalam kuis. 

Pertemuan  tersebut berlangsung sangat lancar dan terima baik masyarakat sasaran dan  juga oleh orang tua mitra, bahkan  orang tua dari siswa mengatakan jika mereka jarang melihat  salah  satu anak (yang memakai baju merah dengan masker hijau  tua dalam foto bersama di slide ke-8) berbaur dan  terawa bersama dengan temannya selain saat kuis yang saya adakan tersebut.

Tentang Penulis