Praktek Masyarakat Mitra dan Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program Kerja
- Oleh I Kadek Beny
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 216, Kelompok, Kelompok
Congkang, 02 Agustus 2020
Kegiatan selanjutnya dari pelaksanakan program kerja pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai sarana bisnis online adalah praktek masyarakat mitra dan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja. Kegiatan praktek masyarakat mitra dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari hari Selasa sampai dengan hari Sabtu, pada tanggal 28 Juli 2020 sampai dengan tanggal 1 Agustus 2020. Dalam kegiatan praktek ini, masyarakat mitra diberikan kesempatan untuk mempromosikan barang dagangannya pada akun sosial media mereka masing-masing. Selain itu, masyarakat mitra juga dibuatkan akun Instagram dan akun Facebok yang dapat dipakai secara bersama dalam mempromosikan produknya masing-masing. Tujuan dari dibuatnya dua akun ini adalah agar masyarakat mitra dapat bekerjasama dan saling membantu satu sama lainnya. Dengan adanya praktek ini diharapkan masyarakat mitra dapat mengelola suatu bisnis online dengan lancar dan dapat berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Selama kegiatan praktek ini, masyarakat mitra mengirimkan screenshot dari promosi yang telah dilakukan pada akun sosial media mereka masing-masing.
Setelah masyarakat mitra melakukan praktek bisnis online, maka dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah berlangsung. Kegiatan evaluasi ini memanfaatkan google formulir atau google form. Sebelum pembuatan google form, dilakukan penyusunan pertanyaan yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja dan target yang ingin dicapai dari pelaksanaan program kerja. Kegiatan penyusunan pertanyaan, pembuatan google form, serta kegiatan evaluasi dilakukan selama satu hari, yaitu pada hari Minggu, 2 Agustus 2020. Setelah kegiatan evaluasi ini dilakukan, maka dilanjutkan dengan penyampaian solusi tentang permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra selama praktek bisnis online berlangsung. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra, yaitu terdiri dari kesulitan sinyal dalam mengupload barang dagangan, terdapat pembatalan pembelian karena terkendala ongkos kirim, terdapat konsumen yang banyak bertanya tetapi tidak membeli, terdapat kekeliruan konsumen dalam memperhatikan bonus yang diberikan, serta yang terakhir adalah kesulitan dalam menentukan waktu COD yang berlainan. Setelah menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra, maka kegiatan terakhir adalah memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Kegiatan KMbD ini ditutup dengan permintaan maaf apabila terdapat kesalahan selama pelaksanaan program kerja serta penyampaian kesiapan untuk membantu masyarakat mitra dalam mengembangkan bisnis online yang telah dikelola.