Sosialisasi pembuatan cairan disinfektan secara mandiri kepada ibu-ibu Desa Samili Kecamatan Woha Kabupaten Bima

pada tanggal 27 juli 2020 saya melaksanakan sosialisasi secara daring tentang bagaimana cara membuat cairan disinfektan secara mandiri yang bahanyha sangat mudah dan hargannya terjangkau. bahan yang dibutuhkan hanya terdiri dari 3 bahan saja yaitu :


1. pelembut/pewangi baju  (merek dan aroma saja) berguna untuk memberikan aroma pada cairan disinfektan yang dibuat.


2. bycean (sebagai bahan utama untuk membunuh virus)


3. air (sebagai bahan pelarut)


    Dari tiga bahan tersebut kita dapat membuat cairan disinfektan sendiri  agar bisa mensterikan lingkungan tempat tinggal dari virus-virus setiap saat. Penggunakaan  byclean sendiri dalam pembuatan cairan disinfektan sudah sesuai dengan pedoman organisasi kesehatan dunia (WHO), dari artikel yang saya baca di internet salah satunya ialah artikel yang di buat oleh Kompas.com disana menjelaskan bahwa  pembuatan cairan disinfektan bisa menggunakan cairan pembersih lantai dan pakaian salah satunya ialah byclean. 


        cara pembuatan cairan disinfektan ini mempunyai takaran sendiri ialah 1:1:9 atau 1 takar byclean, satu takar, pewangi pakaian, dan 9 takar air biasa dengan takaran tersebut bisa menghasilkan cairan disinfektan yang bagus dan ampuh membunuh virus sehingga sangat cocok digunakan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi dalam kondisi pandemi covid-19 ini.