Cegah Stunting: Peran Proaktif Mahasiswa KKNT Undiksha 2023 Melaksanakan Sosialisasi Melalui Kegiatan Posyandu Menuju Generasi Sehat dan Cerdas di Desa Jehem

    Pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2023 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan stunting di Desa Jehem. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu yang ada di salah satu Dusun di Desa Jehem yaitu Dusun Galiran. Yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu keluarga yang memiliki bayi dan balita, mahasiswa KKNT Undiksha, serta para kader posyandu. Sosialisasi ini dilakukan secara langsung menggunakan sarana brosur yang disampaikan oleh mahasiswa KKNT kepada orang tua anak. Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang terjadi pada anak yang menyebabkan anak memiliki tubuh yang pendek. Di Desa Jehem untuk saat ini sudah terdapat 21 kasus stunting sehingga diperlukan suatu bentuk edukasi untuk menambah pemahaman masyarakat khususnya orang tua dan calon orang tua agar dapat mencegah dan menurunkan kasus stunting itu sendiri.

    Selain menjelaskan terkait masalah stunting, dalam sosialisasi ini juga turut dijelaskan mengenai pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting, dimana para orang tua atau calon orang tua harus memperhatikan kandungan gizi di setiap asupan makanan agar seimbang mulai dari masa kehamilan. Oleh karena itu, pada dasarnya sosialisasi ini dilakukan untuk mempersiapkan generasi masa depan yang sehat dan cerdas, serta harapannya semua pihak mampu turut bekerja sama membantu menurunkan angka stunting di Desa Jehem.