Harmoni Desa Jehem: Mahasiswa KKNT Undiksha 2023 Merajut Kebersamaan melalui Aksi Gotong Royong Bersih dan Asri

Gotong royong adalah suatu nilai luhur yang telah tertanam dalam budaya Indonesia sejak zaman dahulu. Konsep ini tidak hanya menjadi bagian dari tradisi, tetapi juga mewakili semangat saling membantu dan berkolaborasi dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya pada aspek lingkungan dan kebersihan. Dalam rangka mendukung dan mempererat ikatan sosial serta tanggung jawab terhadap lingkungan, mahasiswa KKNT Undiksha melaksanakan gotong royong di berbagai wilayah yang ada di Desa Jehem seperti Goa Raja Waterfall yang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Desa Jehem, di perempatan desa jehem, serta lingkungan di sekitaran Banjar Dinas Galiran, dan Pura Dalem Tengaling.

Gotong royong di Goa Raja Waterfall dilaksanakan pada tiga tanggal berbeda, yaitu hari Selasa tanggal 11 Juli 2023; Minggu, 23 Juli 2023; dan Rabu, 9 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemulihan dan renovasi objek wisata Goa Raja Waterfall pasca terjadi bencana tanah longsor. Selain membersihkan daerah sekitar objek wisata, kami juga berperan aktif dalam proses renovasi, seperti membantu perbaikan konstruksi dengan memindahkan batu dan pasir ke lokasi yang telah disiapkan. Kehadiran kami disambut hangat oleh masyarakat setempat. Setelah melakukan gotong royong di Goa Raja Waterfall, kami diberikan makan siang secara gratis sebagai bentuk apresiasi. Tidak hanya itu, kami juga berpartisipasi dalam pemasangan bendera menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-78, tepatnya pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2023.

Kemudian gotong royong di perempatan Desa Jehem dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Juli 2023, hari Jumat, 11 Agustus 2023, dan hari Rabu, 16 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan dengan pembersihan di sekitaran area perempatan Desa Jehem. Pada hari Minggu, 23 Juli 2023, kegiatan ini kami laksanakan bersama dengan masyarakat Banjar Dinas Kaulan Dewa. Kemudian pada hari Jumat, 11 Agustus 2023, dan hari Rabu, 16 Agustus 2023, kami melaksanakan pembersihan bersama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN dari Kantor Kepala Desa sampai dengan perempatan Desa Jehem.  Selain itu, kami juga bersama-sama dengan masyarakat setempat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan di sekitar Banjar Dinas Galiran dan Pura Dalem Tengaling, tepatnya pada hari Selasa, 11 Juli 2023. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menjaga kebersihan dan keasrian daerah sekitar. Harapan dengan adanya kegiatan gotong royong ini adalah mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan indah. Dengan kerjasama antara masyarakat dan pihak KKNT Undiksha 2023, diharapkan wilayah Desa Jehem dapat menjadi contoh nyata tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara mahasiswa KKNT Undiksha 2023 dengan masyarakat setempat, memperkuat rasa solidaritas serta membangun hubungan yang lebih harmonis dalam masyarakat.