Manfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi: Mahasiswa KKNT Undiksha 2023 Membantu Mempromosikan UMKM dan Pariwisata yang ada di Desa Jehem Melalui Media Sosial.

Desa Jehem merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Tembuku, Kabupatem Bangli yang memiliki banyak sekali potensi dan keindahan alam yang memukau. Kamis, 13 Juli 2023 telah dilaksanakan program kerja promosi UMKM di Desa Jehem yang mana kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu mempromosikan salah satu UMKM yang ada di Desa Jehem. Desa Jehem sendiri memiliki banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan, dan salah satunya adalah pengerajin sokasi. Kali ini kami berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pengerajin sokasi di Desa Jehem yaitu Keben Jehem. Keben Jehem merupakan salah satu UMKM yang berada di Desa Jehem, tepatnya di desa Jehem Kelod yang di kelola langsung oleh Ibu Komang Sri Damayanti. Keben Jehem ini memproduksi berbagai jenis sokasi mulai dari yang polos sampai berwarna yang tentunya bisa di request sesuai keinginan konsumen dengan harga yang bervariasi. Keunggulan produk keben jehem ini yang membedakan dengan produk serupa adalah kualitasnya. Hal ini dikarenakan untuk mempertahankan kualitas keben, Ibu Komang Sri Damayanti mengerjakan sendiri produk yang dihasilkan. Selain Keben Jehem, kami juga membantu mempromosikan UMKM Herbalets yang mana Herbalets merupakan salah satu UMKM  yang berada di Desa Jehem. Usaha ini menghasilkan produk berupa jamu yang memiliki kualitas dan khasiat yang terjamin, hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan berkualitas dan proses pembuatan yang higienis.

    Selain itu, pada Kamis, 27 Juli 2023 telah dilaksanakan program kerja selanjutnya yaitu promosi Pariwisata yang ada di Desa Jehem. Terletak 5 km atau 10 menit dari pusat Kota Bangli, menjadikan desa Jehem sebagai salah satu Desa yang memiliki letak strategis. Dikelilingi dengan pemandangan alam yang indah dan masyarakat yang ramah menjadikan Desa Jehem memiliki daya tariknya tersendiri. Goa Raja Waterfall merupakan salah satu destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dan cagar budaya yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Desa Jehem, Bangli. Objek wisata ini di resmikan oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada 27 Desember 2019 sekaligus ditandai dengan pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Raja Waterfall dan Candi Tebing. Air terjunnya yang sejuk dan pemandangannya yang masih alami membuat daya tarik Goa Raja Waterfall semakin terasa menenangkan. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati aliran sungai sepanjang 200 meter yang dikelilingi dengan bebatuan yang sangat indah. Lebih menariknya lagi untuk melewati aliran sungai ini, pengunjung tidak perlu takut karena jalan menuju goa raja waterfall sudah dilengkapi dengan jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu. Goa raja waterfall ini sendiri sudah sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Selain dapat menikmati keindahan air terjun, pengunjung yang datang ke air terjun Goa Raja Waterfall juga bisa menikmati cagar budaya berupa Candi Tebing yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11. Oleh sebab itu, mari kita turut serta sebagai generasi muda dan juga semua pihak untuk mampu turut bekerja sama dalam memperkenalkan dan memperluas jangkauan UMKM dan Pariwisata yang ada di Desa Jehem.