SETETES KEBAIKAN: MENGGALI MAKNA DAN PENTINGNYA DONOR DARAH DALAM PROGRAM KKNT

https://www.instagram.com/reel/CwJazR7AkB1/?igshid=MzRlODBiNWFlZA

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak Desa Catur dikatakan beberapa waktu yang lalu terjadi suatu kejadian di mana seorang pasien membutuhkan pasokan darah di malam hari. Sayangnya, pada waktu tersebut sulit untuk segera mendapatkan pasokan darah dengan cepat dikarenakan tidak tersedianya stok darah. Kejadian ini menjadi titik awal munculnya inisiatif untuk mengadakan kegiatan kemanusiaan Donor Darah. Dilansir situs Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, donor darah sendiri adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang digunakan untuk keperluan transfusi darah. Darah yang dipindahkan dapat berupa darah lengkap dan komponen darah. Donor darah memiliki tujuan utama untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk kebutuhan medis. Darah yang didonasikan dapat dibagi menjadi komponen-komponen seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit darah, yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis. Kegiatan donor darah dapat memberikan sejumlah manfaat yang positif bagi pendonor itu sendiri misalnya, menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu dan dapat menjaga kesehatan mental. Khusus untuk di Desa Catur sendiri kegiatan kemanusiaan Donor Darah diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Sebelum kegiatan donor darah berlangsung, kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk aparat-aparat desa yang bersangkutan dalam kegiatan donor darah ini salah satunya adalah Kepala Seksi Pemerintahan yaitu Bapak I Made Nuarta. Berdasarkan arahan dari beliau, sebelum kegiatan donor darah dilaksanakan kami dihimbau untuk mengundang sejumlah relawan donor darah yang ada di Desa Catur. Selain mengundang relawan donor darah, kami juga dihimbau untuk mengajak kerabat atau teman-teman yang sedang melakukan KKN di desa-desa sekitar Catur. Khusus untuk relawan-relawan donor darah kami dihimbau untuk menyebarkan surat undangan kepada para relawan di Desa Catur yang berjumlah 106 orang. 106 orang ini tersebar di ketiga banjar yaitu Banjar Lampu, Banjar Catur dan Banjar Mungsengan. Dalam kegiatan donor darah ini kami juga bekerjasama dengan KKN PPM Universitas Udayana mulai dari penyebaran surat hingga kegiatan donor darah selesai dilaksanakan. Selama melakukan penyebaran surat undangan kami juga melaksanakan sosialisasi terkait dengan donor darah dengan memanfaatkan media poster. Penyebaran surat undangan ini dilakukan pada satu minggu sebelum kegiatan dilaksanakan.

Kegiatan kemanusiaan Donor Darah dalam rangka Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 yang bertempat di Tugu Pahlawan Desa Catur. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WITA yang dilakukan bersama PMI Kabupaten Bangli. Kegiatan donor darah ini diikuti oleh relawan-relawan donor darah yang sebelumya sudah diundang seminggu sebelum kegiatan berlangsung. Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran relawan donor darah kemudian dilakukan dengan pengecekan kesehatan. Jika telah memenuhi syarat donor darah maka dapat dilanjutkan dengan pengambilan darah dari relawan yang bersangkutan. Adapun syarat-syarat jika ingin melaksanakan donor darah adalah sebagai berikut:

  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Berusia 17 sampai dengan 60 tahun dan sampai 65 tahun untuk pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter.
  3. Berat badan minimal 45 kg.
  4. Tekanan darah normal (Sistole 100 - 180 dan Diastole 70 - 100).
  5. Kadar hemoglobin 12,5-17,0 gr/dL%.
  6. Demi keamanan dan keselamatan pendonor sesuai dengan PERMENKES 91 Tahun 2015, interval waktu sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan.

Selain memenuhi beberapa syarat tersebut, sebelum mengikuti kegiatan donor darah juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan calon pendonor, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidur yang nyenyak di malam sebelum mendonor.
  2. Sarapan pagi atau makan siang sebelum mendonor.
  3. Banyak minum seperti jus atau susu sebelum mendonor.
  4. Rileks saat mendonor dan banyak minum setelah mendonor.
  5. Pendonor bisa melanjutkan kegiatan setelah mendonor asalkan menghindari aktivitas fisik yang berat.

Berdasarkan surat undangan yang telah disebar kepada sejumlah relawan, kegiatan donor darah kali ini dihadiri oleh sebanyak 47 orang namun yang dapat melakukan donor darah hanya sebanyak 32 orang saja. Hal ini karena dari pihak PMI hanya menyediakan kantong sejumlah 32 kantong dan juga terbatasnya waktu yang dimiliki pihak PMI. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak PMI, beliau hanya bisa melaksanakan kegiatan sampai jam 12.00 WITA karena dari pihak PMI juga memiliki kegiatan donor darah di tempat-tempat lainnya.

Secara umum, kegiatan donor darah berlangsung dengan sangat lancar. Kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh aparat-aparat Desa Catur. Selain dari segi kesehatan kegiatan donor darah sukarela ini juga memiliki manfaat lain yaitu:

  1. Semangat menyama braya/kebersamaan, tolong menolong, persatuan kesatuan.
  2. Ikhlas Ber-dharma dalam pengabdian kemanusiaan yang tidak terukur nilainya (Penanaman Modal Akhirat).
  3. Dapat mendapat penghargaan dari PMI dan Pemerintah Sosial Kemanusiaan.