Tiga Kegiatan di Hari Kesembilan, Kelompok KKN Baturiti Mulai Berdampak pada Layanan Informasi dan Kebersihan Sampah

Rabu (13/07/2022), kelompok KKN Desa Baturiti menjalankan program kerja dengan saling mengkoordinasikan progress dan kendala dengan masing-masing pihak terkait. Kegiatan dimulai dengan mengikuti survey pemilahan sampah, kemudian melaksanakan live meeting untuk mendiskusikan optimalisasi website resmi Desa Baturiti, dan pencarian sampel UMKM.

Kegiatan pertama di hari ini yakni survei pemilahan sampah dilaksanakan di Kantor Desa Baturiti. Sampah ini berasal dari beragam sumber, mulai dari hotel, instansi, hingga rumah tangga. Setelah dikumpulkan, sampah dipilah berdasarkan jenis-jenisnya.

Pelaksanaan pemilahan sampah dilakukan tidak hanya oleh anggota KKN, melainkan dibantu oleh perangkat Desa Baturiti. Adapun pelaksanaan kegiatan pertama hari ini dimulai dari pukul 09:00 sampai pukul 12:00. 

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan diskusi terkait pengoptimalan website resmi Desa Baturiti. Diskusi ini dilakukan secara daring bersama pihak penyedia jasa layanan website yang bekerjasama dengan Desa Baturiti, yaitu Bapak Moch Aliv Romadhon.

Pembahasan diskusi berkaitan dengan kendala yang dialami dalam hal akses untuk verifikasi Google Source Console dan akses source code dari website Desa Baturiti. Dengan diskusi yang dilakukan dari pukul 13:00 hingga pukul 15:00 anggota KKN dapat memperoleh solusi yang diberikan oleh Bapak Aliv.

Adapun kegiatan terakhir yang dilaksanakan pada hari ini yaitu pencarian sampel UMKM untuk program kerja mengenai digital marketing. Sampel UMKM yang ditemui hari ini bergerak di bidang jajanan Bali. Pemilik UMKM ini memberikan respon yang baik terhadap kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan. 

Dari seluruh kegiatan yang telah dijalankan pada hari ini diharapkan kelompok KKN Desa Baturiti dapat melanjutkan progress dari masing-masing program kerja secara bertahap dan terstruktur, sehingga dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi Desa Baturiti sesuai harapan dari adanya program kerja yang telah disusun.

Tentang Penulis